Pemprov Sultra akan Lelang Puluhan IUP tak Aktif – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemprov Sultra akan Lelang Puluhan IUP tak Aktif

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra bakal menjadikan Desa Lawele, Kabupaten Buton sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Namun, rencana tersebut tidak berbanding lurus dengan fakta lapangan. Dari 41 Izin Usaha Pertambangan (IUP) diterbitkan untuk pengelolaan aspal, namun hanya 6 IUP saja yang aktif melakukan aktivitas.

Plt Kepala Dinas ESDM Buhardiman mengatakan pemerintah berencana untuk melakukan evaluasi terhadap persahaan tambang aspal yang tidak aktif. Ancaman pencabutan IUP menanti perusahaan yang tidak melakukan aktifitas pengelolaan aspal. Buhardiman mengakui bila pengelolaan aspal di Buton, masih ada sekitar 30 IUP yang tak bertuan. Menurutnya, IUP tersebut nantinya akan dilelang untuk bisa dikelola dengan baik.

Plt Kepala Dinas ESDM, Buhardiman

“Pemerintah daerah bersama dengan pemerintah pusat sepakat untuk mengembangkan industri aspal lokal. Pengotimalan pengelolaan aspal pun menjadi syarat penting,” ungkapnya. Katanya, pemberian IUP diharapkan, perusahaan akan melakukan pengelolaan dan pemanfaatan kekayaan daerah demi kemajuan daerah. “Jika perusahaan itu tak berjalan, maka bisa saja kita lakukan evaluasi. Konsekuensi terberat pencabutan izin bisa kita lakukan, bila perusahaan tak aktif lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Sultra Swandi Andi pun mengharapkan rencana pemerintah itu dapat dilakukan. Pasalnya, pemberian IUP yang tidak disertai dengan pengelolaan yang baik itu juga bisa merugikan daerah. “Kalau tidak sanggup memang harus dievaluasi, apa kendalanya. Kalau benar tidak sanggup maka berikan kepada orang yang sanggup,” pungkasnya. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy