Pelabuhan Wawonii Dipasangkan Jembatan Timbang Portable – Kendari Pos
Metro Kendari

Pelabuhan Wawonii Dipasangkan Jembatan Timbang Portable

KENDARIPOS.CO.ID — Pelabuhan Penyeberangan Wawonii dengan rute Kendari-Langara telah dipasangi jembatan timbang portable. Tujuannya, mengawasi dan memabatasi tonase kendaraan maksimal 10 ton, sebelum naik di atas kapal. Kepala Badan Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdyn Yusuf mengecek bobot kendaraan, Rabu (13/11). Kata Benny, untuk tetap mempertahankan kondisi pelabuhan harus dengan mempertimbangkan kekuatan jembatan menahan beban. Sebab ini pelabuhan ini merupakan satu-satunya akses yang digunakan menuju Wawonii.

Kondisi pelabuhan itu sangat memprihatinkan, karena itu ia mengaku wajib menjaga aset negara. Apalagi pelabuhan ini adalah penggerak masyarakat dari Kendari ke Wawonii. Lebih dari seminggu tim BPTD dan Pemprov Sultra melakukan pengawasan di pelabuhan. Kendaraan melebihi muatan diminta mengurangi muatannya bila ingin tetap berangkat. “Tadi (Rabu, red) ada tiga kendaraan lagi ditemukan yang timbanganya melanggar. Berat kendaraan itu kurang lebih 13 ton. Petugas pelabuhan tidak boleh lagi menaikkan kendaraan-kendaraan di atas kapal yang muatannya lebih dari 10 ton,”harapnya.

epala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdyn Yusuf mengecek bobot kendaraan sebelum naik di atas kapal Pelabuhan Feri Wawonii dengan rute Kendari-Langara.

Sementara itu, Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan alat telah dipasang untuk melihat kelayakan beban kendaraan sebelum naik kapal. Itu agar infrastruktur yang dibangun bisa lebih tahan lama. “Ini sebagai percontohan awal, jembatan timbang yang dipasangpun masih portable. Sebab, membuat jembatan timbang memerlukan anggaran yang besar. Kedepan, bukan hanya pelabuhan tetapi seluruh jalan juga akan dipasangi jembatan timbang, sehingga kendaraan bebannya sesuai dengan kapasitas jalan. Sehingga infrastruktur tidak dengan mudah rusak,”tutupnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy