Paparkan Potensi Sampah untuk PLTSa, Wali Kota Kendari Tampil di Pentas Internasional – Laman 3 – Kendari Pos
Metro Kendari

Paparkan Potensi Sampah untuk PLTSa, Wali Kota Kendari Tampil di Pentas Internasional

“Kelima, berkaitan dengan penegakan hukum yang belum maksimal dalam pengelolaan sampah. Keenam, adanya kebutuhan industri untuk menggunakam bahan baku dari scrap atau sampah yang sudah dipilah, tetapi dalam negeri belum bisa menyiapkannya, sehingga dilakukan impor, namun dititipkan juga masalah sampah lain,” tuturnya.

Menurut Novrizal Tahar, berkaitan dengan itu, pemerintah Indonesia secara simultan melakukan tiga pendekatan. Pertama waste less, dengan mendorong upaya perubahan perilaku yang membatasi dan mencegah timbulnya sampah. Kedua, dengan mendorong sirkular ekonomi, dengan menjadikan sampah sebagai sumber daya, sehingga pilar seperti bank sampah bisa diberdayakan maksimal.

“Pendekatan ketiga, berkaitan dengan pelayanan dan teknologi, dan ini domain pemerintah daerah. Dua tahun terakhir ini pengelolaan sampah telah memasuki era baru, dengan mengelola sampah menjadi energi. Akhir tahun ini akan dilaunching di Surabaya, dengan kapasitas 10 ribu ton perhari dengan menghasilkan 10 megawatt listrik,” pungkas Novrizal Tahar. (hel/b)

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy