Paparkan Potensi Sampah untuk PLTSa, Wali Kota Kendari Tampil di Pentas Internasional – Laman 2 – Kendari Pos
Metro Kendari

Paparkan Potensi Sampah untuk PLTSa, Wali Kota Kendari Tampil di Pentas Internasional

Di samping itu, Sulkarnain juga memberikan usulan kepada pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup, supaya menerapkan regulasi khusus kepada perusahaan yang menghasilkan plastik, baik produk maupun kemasannya. “Sebaiknya dibuatkan regulasi kepada perusahaan yang menghasilkan bahan plastik, dan jika dilakukan ini sangat baik bagi kita, dan mengurangi banyak sampah plastik. Itu juga sebagai peran dan tanggungjawab perusahaan untuk mengurangi sampah di Indonesia,” imbuh Sulkarnain.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir disela-sela presentasi di forum internasional di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (7/11). Sulkarnain mempresentasikan potensi Kendari untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dalam International Investment Forum On Waste Management 2018.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Novrizal Tahar mengungkapkan, saat ini di Indonesia ada sekira 65 juta ton sampah per hari yang bersumber dari sampah rumah tangga. Terdiri dari 60 persen organik, 15 persen plastik, 10 persen kertas, dan sisanya logam, kaca, karet, dan lain-lain. “Kita ketahui bahwa persoalan sampah saat ini cukup berat, karena ada beberapa hal mendasar, pertama karena kewenanga pengelolaan sampah ada di daerah, dan rata-rata kapasitas pengelolaan sampah yang baik di daerah baru 32 persen,” ungkapnya.

Masalah kedua, persoalan perilaku. 72 persen masyarakat Indonesia tidak peduli dengan persoalan sampah. Ketiga, berkaitan dengan komposisi sampah plastik semakin besar. Keempat karena belum ada kewajiban para produsen untuk berperan dan tanggungjawab pengurangan sampah dari produk ataupun packing.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy