Paparkan Potensi Sampah untuk PLTSa, Wali Kota Kendari Tampil di Pentas Internasional – Kendari Pos
Metro Kendari

Paparkan Potensi Sampah untuk PLTSa, Wali Kota Kendari Tampil di Pentas Internasional

KENDARIPOS.CO.ID — Tak berlebihan jika Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir disebut visioner. Sampah yang ada di Kota Kendari bakal disulapnya menjadi sumber energi listrik. Rencana langkah cerdas akan direalisasikan Sulkarnain Kadir namun harus mendapat dukungan seluruh elemen. Termasuk pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sulkarnain kini getol mengampanyekan cita-cita besarnya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) hingga di forum pertemuan berkelas internasional di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (7/11). Sulkarnain tampil mempresentasikan potensi Kendari untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di dalam International Investment Forum On Waste Management 2018 atau forum investasi internasional tentang pengelolaan sampah).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir disela-sela presentasi di forum internasional di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (7/11). Sulkarnain mempresentasikan potensi Kendari untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dalam International Investment Forum On Waste Management 2018.

Dihadapan para kepala daerah se-Indonesia dan para duta besar (Dubes) negara sahabat yang hadir, Sulkarnain Kadir memaprkan pula soal solusi terkait regulasi kepada Kementerian, guna mengurangi sampah di Indonesia. Wali Kota Kendari, Sulkarnain mengungkapkan Kota Kendari sangat siap untuk mengelola sampah menjadi energi listrik.

“Alhamdulillah bulan kemarin, kita sudah dapat rekomendasi dari PLN, dan kami juga bisa menjadi daerah yang mempunyai pembangkit listrik tenaga sampah, meskipun sulit, namun sudah kita lakukan. Tapi kami masih butuh pendampingan, informasi dari berbagai daerah, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa dilakukan,” ujarnya dalam forum internsional tersebut yang dituturkan Sulkarnain Kadir kepada Kendari Pos, kemarin.

Politisi PKS itu berupaya meyakinkan pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan memaparkan jumlah volume sampah yang bisa diolah untuk menjadi listrik cukup banyak. “Sekedar informasi, volume sampah di Kendari mencapai 400 ton perhari, dan menurut investor itu bisa menghasilkan 10 megawatt listrik,” ujarnya.

Selain itu, Kota Kendari juga sudah melakukan kebijakan di daerah untuk mengurangi sampah plastik. “Kita sudah banyak mendapatkan informasi dari berbagai daerah untuk mengurai sampah, khususnya sampah plastik, dan kami sudah membuat SK Wali Kota untuk tidak menggunakan plastik di toko atau pusat perbelanjaan, serta dalam agenda rapat dimanapun tidak menggunakan air kemasan,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top