Pamerkan Karnaval Budaya, Expo Wakatobi Wave Dimulai – Kendari Pos
Wakatobi

Pamerkan Karnaval Budaya, Expo Wakatobi Wave Dimulai

KENDARIPOS.CO.ID — Wonderfull Festival and Expo (Wakatobi Wave) tahun ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Kali ini, para pelaku industri ekonomi kreatif (ekraf) diberi kesempatan untuk memamerkan berbagai usahanya lebih awal. Jadwal expo ekraf dimulai dua hari sebelum pembukaan Wakatobi Wave. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya permintaan dari pelaku industri ekraf. Pasalnya, selama kegiatan Wakatobi Wave yang telah berlangsung lima tahun ini, expo industri ekraf hanya tiga hari.

Bupati Wakatobi, H Arhawi berharap selain pelaku usaha para masyarakat Wakatobi juga bisa menikmati pameran expo dan beragam kegiatan lainnya yang akan ditampilkan pada Wakatobi Wave tahun 2019 ini. “Saya buka secara remi expo ini dan kita berharap perhelatan Wakatobi Wave tahun ini juga berjalan lancar dan sukses. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat mensukseskan agenda yang telah masuk kalender even nasional ini,” ujar Arhawi saat membuka expo, pameran foto dan pagelaran seni budaya, Sabtu (9/10).

Bupati Wakatobi, Arhawi (kemeja putih), Ketua Tp PKK Wakatobi, Safaria Arhawi (kanan) dan Forkopimda Wakatobi saat menggunting pita menandai pembukaan Expo Wakatobi Wave.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Wakatobi, Nadar menuturkan Wakatobi Wave selalu mendapat perhatian serius dari Pemda Wakatobi juga pemerintah pusat. Jika sebelumnya expo industri ekraf hanya berlangsung tiga hari, tahun ini ditambah menjadi lima hari. “Karena banyaknya permintaan sehingga kita akomodir dengan melaksanakannya selama lima hari. Jadi tahun ini perhelatan expo ekraf dilakukan selama mulai tanggal 9-13 November. Jadi tahun ini dibuka lebih awal,” ungkap Nadar.

Nadar menyebut, antara industri kreatif dan pariwisata tidak bisa dipisahkan. Menurutnya, pariwisata jika tidak didukung dengan industri kreatif maka daya saingannya akan minim. Sehingga hal ini harus dilihat secara komprenshif sebagai bagian dari pendukung pariwisata.
“Di sisi lain, ini menjadi bagian sumber pertumbuhan ekonomi. Alhamdulillah, acaranya juga dibuka langsung oleh pak bupati. Expo industri ekraf menjadi ruang promosi bagi produk-produk kreatif yang dihasilkan oleh pelaku usaha kita. Kita tahu bersama bahwa di Wakatobi industri ekraf sudah berkembang seiring perkembangan pariwisata,” paparnya.

Sekedar diketahui, sehari setelah pembukaan expo, gowes wisata juga dihelat pagi hari pada Minggu (11/10) yang merupakan rangkaian acara Wakatobi Wave. Tahun ini, Wakatobi Wave akan memamerkan karnaval budaya, tari kolosal, pagelaran seni dan budaya, kabuenga, expo ekraf, lomba dayung, panjat pinang di atas laut, temu investasi, festival kuliner tradisional, lomba instalasi artistik dan anyaman, gowes wisata, lomba kabhanti, dolphin watching, pameran foto serta hiburan rakyat yang menampikan artis ibukota. (thy/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy