Optimalkan Penarikan Pajak Tambang, Pemprov Turun Lapangan – Kendari Pos
Metro Kendari

Optimalkan Penarikan Pajak Tambang, Pemprov Turun Lapangan

KENDARIPOS.CO.ID — Sumber Pendapatan asli daerah (PAD) Pemprov Sultra dari sektor pertambangan belum maksimal. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra berupaya mengoptimalkan penarikan pajak alat berat, bahan bakar minyak serta pajak air permukaan (PAP). Tim evaluasi pajak Pemprov Sultra akan mengecek dan mendata potensi pajak pada perusahaan pertambangan.

Kepala Bapenda Sultra, Yusuf Mundu mengatakan optimalisasi pajak pertambangan ini lahir dari Pemprov dan Tim Koordinator Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah VIII Sulawesi. Evaluasi pajak sektor-sektor pertambangan akan terus dilakukan demi peningkatan PAD.

Kepala Bapenda Sultra, Yusuf Mundu (tengah) saat rapat monitoring evaluasi penarikan pajak pertambangan di ruang rapat Bapenda Sultra.

“Kita upayakan dalam minggu ini, akan turun lapangan mendata seluruh potensi pajak di sektor pertambangan. Jadi kurang lebih 54 perusahaan tambang serta beberapa perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan akan kita cek lapangan. Sehingga dengan data pendukung, tidak akan ada lagi yang tidak taat pajak,” ungkapnya saat rapat monitoring evaluasi pertambangan di ruang rapat Bapenda Sultra. Ia berharap pengusaha bidang pertambangan agar taat pajak.

Soal PAP, kata dia, banyak perusahaan yang lupa akan pajaknya salah satunya PDAM. Padahal hampir setiap hari PDAM menarik air permukaan. Ada yang hampir 10 tahun tidak membayar kewajiban PAP-nya. “Jangan nanti dipaksa baru mau membayar. Sekarang kita akan data selengkap-lengkapnya. Jadi yang tidak mau membayar berurusan sama KPK. Lagipula perusahaan yang tidak taat pajak akan kita tahan viskal-nya,”cetusnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy