Operasi Zebra 14 Hari, Polres Konawe Tilang 1.288 Pengendara – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Operasi Zebra 14 Hari, Polres Konawe Tilang 1.288 Pengendara

KENDARIPOS.CO.ID — Operasi Zebra Anoa resmi berakhir Selasa (5/11). Selama operasi berlangsung 23 Oktober hingga 5 November, 1.288 pengendara bandel di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara terjaring razia. Dengan rincian, 919 pemotor dan 369 kendaraan roda empat. Jumlah pelanggar mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 1.131. Artinya pelanggar meningkat 13,88 persen.

Kasatlantas Polres Konawe Iptu Arifin mengatakan dengan jumlah pelanggar itu, Polres Konawe bertengger di posisi ketiga angka penindakan terbanyak dalam Operasi Zebra, dibawah Polres Baubau dan Polres Kendari. Menurutnya, meningkatnya jumlah pengendara melanggar disebabkan pertumbuhan kendaraan baru di Konawe yang mencapai 500 unit setiap bulan. Itu data untuk roda dua saja, belum termasuk roda empat. Perlu dicatat, Polres Konawe membawahi Kabupaten Konawe dan Konawe Utara. Dua daerah ini menjadi perlintasan kendaraan dari arah Makassar maupun Sulawesi Tengah.

Kata dia, pelanggaran terhadap lalulintas masih didominasi pengendara sepeda motor. Dari 369 mobil kena tilang, kata dia, 267 unit mobil penumpang, bis satu unit dan mobil barang 101 unit. Selama operasi berlangsung, sanksi tilang dikenakan bagi pengendara yang tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan, pengendara dibawah umur serta pengendara yang tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia (SNI). Selain itu, pihaknya juga menindak pengendara yang nekat kedapatan melawan arus lalulintas dan menggunakan handphone saat berkendara. (adi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top