Olah Hasil Perikanan Bernilai Ekonomis, UMK Edukasi Warga Abeli – Kendari Pos
Metro Kendari

Olah Hasil Perikanan Bernilai Ekonomis, UMK Edukasi Warga Abeli

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah tenaga pengajar Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) melakukan pengabdian kepada masyarakat, Sabtu (23/11) di kecamatan Abeli, Kota Kendari. Program ini dikhususkan bagi ibu-ibu pesisir yang tergabung dalam kelompok majelis taklim di Kecamatan Abeli. Mengusung tema: Pelatihan Pengolahan Surimi menjadi Berbagai Produk Olahan Hasil Perikanan. Kegiatan ini disambut antusias puluhan peserta yang ikut.

Dosen UMK, Iin Nurdiyanty Nudin mengatakan, hasil perikanan di Kota Kendari cukup melimpah. Mulai dari yang ekonomis rendah sampai ekonomis tinggi. Akan tetapi, hasil perikanan tersebut belum terolah secara maksimal dalam bentuk yang beraneka ragam, selain bentuk olahan standar pada umumnya. “Sementara, di sisi lain kita dapat membuat produk antara yang dapat memberikan nilai tambah setelah diolah dan mengurangi volume ketika dibekukan. Karena memiliki volume yang padat (pasta) dan dapat dibentuk yaitu surimi,” ungkap alumni pelatihan jurnalistik Kendari Pos itu.

Surimi merupakan produk olahan hasil perikanan setengah jadi. Berupa ikan yang yang dilumatkan/dihancurkan sehingga berbentuk pasta, yang telah mengalami proses pelumeran (leaching), pengepresan, penambahan bahan tambahan dan pengepakan. Surimi ini banyak dikembangkan di negara-negera Asia Timur dan kemudian dapat diolah menjadi produk perikanan lainnya seperti bakso, sosis ikan, komaboko dan daging tiruan lainnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy