Ld Ikhsanuddin Saafi

KENDARIPOS.CO.ID — Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mendengarkan penyampaian visi dan misi bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 pada Rabu (30/10) lalu. Sekretaris Nasdem Sultra, Ld Ikhsanuddin Saafi, mengatakan, semua nama pendaftar tersebut akan di serahkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). “Pendaftaran sudah ditutup. Tidak ada sistem gugur karena semua keputusan ada di DPP,” ujar Ikhsanuddin, kemarin.

Dijelaskannya, pemaparan visi dan misi oleh para bakal calon akan menjadi salah satu penilaian. Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang masuk dalam tim penilai, akan melihat bagaimana komitmen para kandidat terhadap partai dan pembangunan di daerah masing-masing. Selanjutnya, pengurus DPD (tingkat kabupaten) akan meranking tiga besar yang dianggap paling potensial untuk diajukan ke DPW. Sebelum diteruskan ke DPP, pihak DPW berhak menambah maksimal dua kandidat.

“Misalnya ada empat Balon yang mendaftar. Kabupaten kemudian menyisihkan satu orang dan memilih tiga orang dengan disertai catatan-catatan. Tapi, berkas keempat Balon itu tetap disampaikan ke DPP. Kami di daerah hanya memberikan rekomendasi,” terangnya. Ia menyebut, Nasdem hanya membuka penjaringan di empat daerah yakni Kabupaten Muna, Wakatobi, Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe Utara (Konut). Di Buton Utara (Butur), Nasdem tidak melakukan seleksi karena tak memiliki kursi pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu. Sedangkan Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kolaka Timur (Koltim), Nasdem menutup pintu bagi nonkader.

Laman: 1 2