Momentum Event HPS, Pemkab Buteng Kenalkan Aneka Pangan Lokal – Kendari Pos
Buton Tengah

Momentum Event HPS, Pemkab Buteng Kenalkan Aneka Pangan Lokal

Ilustrasi pangan

KENDARIPOS.CO.ID — Hari Pangan Sedunia (HPS) menjadi momentum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) mengenalkan produk panganan lokal. Sejumlah produk unggulan daerah berjuluk Negeri Seribu Gua ini seperti aneka ragam keripik, kacang mete, stik rumput laut, abon ikan, jawawut dan sambal goreng ikan teri turut dipamerkan di event yang berlangsung mulai tanggal 2 hingga 5 November 2019.

Bupati Buton Tengah (Buteng), H Samahuddin mengatakan perhatian pemerintah terhadap pengembangan panganan dan produk lokal sangat besar. Melalui program pemberdayaan dan pendampingan, pemerintah rutin melakukan pelatihan. “Kami memiliki sumber alam yang memadai. Untuk bisa mengelola, maka SDM kita harus dilatih. Bagaimana mengolah hasil perkebunan menjadi produk yang bernilai ekonomis,” jelasnya kemarin.

Produk yang dipamerkan sambungnya, merupakan hasil olahan masyarakat. Tidak hanya melakukan pendampingan, pemerintah memiliki komitmen agar produk-produk lokal bisa lebih dikenal. Apalagi Buteng punya komoditi jambu mete yang memang telah dikenal dengan kualitasnya.

“Untuk itulah, kami terus mendorong peningkatan hasil pangan. Kami melakukan pendampingan mulai dari pembinaan hingga proses pengolahan. Setidaknya kami memamerkan hasil kekayaan kepada publik. Bahwa seperi jambu mete itu adanya di Buteng dan olahan lainnya,” ulas Samahuddin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top