Minta Aspal Buton jadi Aspal Nasional, La Bakry “Rayu” Pemerintah Pusat – Kendari Pos
Buton

Minta Aspal Buton jadi Aspal Nasional, La Bakry “Rayu” Pemerintah Pusat

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Buton, La Bakry membawa aspirasi masyarakatnya soal aspal Buton ke level nasional. La Bakry berusaha “merayu” pemerintah pusat agar aspal Buton menjadi penyuplai utama kebutuhan aspal nasional. Aspirasi masyarakat agar pengelolaan aspal Buton dilakukan oleh perusahaan daerah (Perusda) disampaikan La Bakry kepada pemerintah pusat. Muaranya agar masyarakat Buton menjadi tuan di negeri sendiri.

Dua aspirasi besar masyarakat Buton disampaikan Bupati La Bakry dalam rapat bersama Deputi Bidkor Kamtibmas Kemenko Polhukam di Jakarta, Selasa (12/11). La Bakry meminta kepada pemerintah pusat agar Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang berada di wilayah administrasi Pemkab Buton agar dikelola Perusda. “Tujuannya semata-mata agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Buton sehingga bisa mendorong perekonomian dan kesejahteraan rakyat Buton. Kita harap agar IUP yang sudah berakhir bisa diambil alih dan dikelola oleh Perusda,” ujar La Bakry melalui pesan singkat WhatsApp.

Bupati Buton, La Bakry saat menjelaskan soal aspal Buton.

Di hadapan deputi, pengganti Umar Samiun itu menuturkan pengeloalan IUP tambang aspal bukanlah keinginan pribadi sebagai kepala daerah. Namun keinginan masyarakat yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis yang dibubuhkan tanda tangan. Tokoh masyatakat di 94 desa dan kelurahan, 7 kecamatan dan organisasi kepemudaan yang ada di Buton turut bertandatangan. “Saya membawa dukungan tertulis masyarakat Buton. Pada intinya mereka meminta agar menjadi tuan di negerinya sendiri,” ungkap La Bakry kepada Kendari Pos.

Kekayaan alam aspal Buton sangat berlimpah. La Bakry meyakinkan pemerintah pusat bahwa aspal Buton mampu memenuhi kebutuhan aspal secara nasional hingga ratusan tahun. Sehingga sangat disayangkan jika tidak mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat Buton. “Saya kira ini harus menjadi catatan khusus bagi pemerintah pusat dalam mengambil kebijakan pengelolaan IUP kepada semua pihak termasuk Perusda yang menjadi prioritas dalam pengembangan SDA di Buton,” tutup La Bakry. (mel/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy