Masyarakat Terakses Layanan Keuangan – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Masyarakat Terakses Layanan Keuangan

AGUS SETIAWAN/KENDARI POS
OJK : Suasana seminar kewirausahaan inklusi keuangan yang diikuti ribuan mahasiswa UHO beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sukses menggelar peringatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK). Suksesnya helatan tahunan dari lembaga pengawas itu bisa dilihat dari Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) pada tahun ini yang menunjukkan indeks literasi keuangan mencapai 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19 persen.
“Angkanya meningkat jika dibandingkan hasil survei OJK tiga tahun lalu (2016) yakni indeks literasi keuangan hanya 29,7 persen dan indeks inklusi keuangan 67,8 persen,” ungkap M. Fredly Nasution, Kepala OJK Perwakilan Sultra, Senin (11/11). Ia menuturkan, capaian tersebut tak lepas dari sinergi dan kerja keras antara pihaknya, Pemerintah, Kementerian/Lembaga terkait dan Industri Jasa Keuangan (IJK) yang selalu berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait produk jasa keuangan.
“Mudah-mudahan ke depan, seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang ada Sultra, semuanya bisa terakses dan menggunakan produk jasa keuangan,” tutur Fredly. Sekadar informasi, survei OJK tahun ini mencakup sebanyak 12.773 responden yang tersebar pada 34 provinsi dan 67 kota/ kabupaten di Indonesia. Survei tersebut menggunakan metode parameter dan indikator yang sama, yaitu indeks literasi keuangan yang terdiri dari parameter pengetahuan, keterampilan, keyakinan, sikap dan perilaku. Sementara indeks inklusi keuangan menggunakan parameter penggunaan. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy