HUMAS STIKES MW KENDARI for Kendari Pos
PRAKTIKUM: Mahasiswa STIKES saat mengikuti praktikum matakuliah peralatan diagnostik teknologi elektromedis, kemarin

KENDARIPOS.CO.ID — Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Mandala Waluya (MW) Kendari terus melakukan terobosan dalam peningkatan mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM). Langkah awal, menggandeng beberapa perguruan tinggi di Korea Selatan (Korsel) guna melaksanakan program pertukaran mahasiswa 2020 mendatang.
Ketua Stikes MW Kendari, Dr. Tasnim, SKM., MPH., PH., mengungkapkan, telah melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai perguruan tinggi yang ada di Korsel. “Sejauh ini sudah kerja sama dengan tujuh universitas. Terdiri dari empat perguruan tinggi negeri dan tiga swasta,” ungkap Tasnim, Selasa (12/11).
Dia menambahkan, kerja sama dilakukan dalam bentuk pertukaran mahasiswa yang rencananya dilakukan Maret 2020. “Pertukaran mahasiswa ini akan dilaksanakan selama tiga sampai enam bulan,” jelasnya.
Ada sekira 70 mahasiswa yang akan ikut program tersebut. Mereka akan melalui seleksi. Disesuaikan dengan kriteria maupun kemampuan bahasa mereka. “Insyaallah, Desember nanti sudah bisa diketahui, mahasiswa yang bakal ikut pertukaran pelajar di Korea Selatan,” terangnya.
Lebih jauh Tasnim menjelaskan, sebelum mereka diberangkatkan ke Korsel, terlebih dahulu, mempelajari bahasa Korea secara online, selama dua bulan. Hal ini penting untuk memberikan bekal bahasa agar mahasiswa bisa berkomunikasi dengan mahasiswa dan masyarakat di sana. “Tentu di zaman yang serba canggih ini, semua bisa dilakukan secara digital. Bahkan kursus bahasa sekalipun,” ujarnya. Untuk pertukaran pelajar yang akan dilakukan di Korea Selatan, STIKES MW diberikan kuota sebanyak 70 mahasiswa. (c/idh)