Mahar Politik Sumber Korupsi – Kendari Pos
Politik

Mahar Politik Sumber Korupsi

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Politik transaksional pada kontestasi pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia sudah begitu “mendarah daging”. Jual beli kursi pencalonan (mahar politik) dan suara pemilih, telah menciptakan pragmatisme bahkan pada level pemilihan kepala desa. Mindset mereka seakan terdesain dengan satu kalimat, “tak ada uang, tidak bakal terpilih”. Pada puncaknya, lahirlah elite predator yang menimbulkan ketimpangan ekonomi maupun politik sehingga menghambat kemajuan sebuah negara.
Pengamat Komunikasi Politik Sulawesi Tenggara (Sultra), Muh. Najib Husain, mengatakan, sudah saatnya para elite introspeksi diri. “Politik transaksional telah melahirkan oligarki politik dan ekonomi yang menjadi sumber korupsi. Ini seperti “lingkaran setan” yang tidak berujung,” ujar Najib saat dihubungi, kemarin. Dibandingkan menyuap pemilih dengan uang, kata dia, akan lebih elegan jika para kandidat melakukan investasi sosial melalui karya. Dengan begitu, mereka tidak perlu “berselingkuh” dengan pemodal hanya untuk mendapatkan dukungan finansial. Mereka juga tidak akan berakhir di hotel prodeo karena ambisi menduduki kursi empuk pemerintahan.
Sayangnya, kata Dosen Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (UHO) ini, jarang ada kepala daerah dan legislator yang mampu membuktikan kualitas diri di periode pertama terpilih. “Energi mereka terkuras untuk membayar lunas utang-utang kepada para pemodal. Di sinilah bahayanya mahar politik,” sindir Najib. Minimnya edukasi kepada pemilih untuk menolak politik uang juga menjadi tantangan tersendiri. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus memaksimalkan fungsinya. Perguruan tinggi mesti ikut andil dalam memberikan edukasi politik yang hari ini hampir tidak dijalankan oleh partai politik (Parpol).

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy