Lobi Sukses : Busel Segera Bangun Dua Pelabuhan, Kemenhub Siapkan Rp 95 Milliar – Kendari Pos
Buton Selatan

Lobi Sukses : Busel Segera Bangun Dua Pelabuhan, Kemenhub Siapkan Rp 95 Milliar

KENDARIPOS.CO.ID — Belum sepenuhnya menjadi Bupati Buton Selatan (Busel), La Ode Arusani, sudah menunjukkan prestasi pembangunan di daerahnya. Plt.Bupati Busel itu getol membangun jejaring di pemerintah pusat. Arusani berhasil meyakinkan Kementerian Perhubungan RI dan mendapat restu membangun dua pelabuhan di Busel.

La Ode Arusani menginginkan kabupaten yang dinakhodainya terkoneksi dengan daerah lain. Dia meyakini, konektivitas antardaerah berkorelasi langsung dengan laju pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Busel. “Rencana pembangunan di pelabuhan di Kecamatan Siompu dan Kadatua nantinya akan menghubungkan wilayah kepulauan dan daratan di Busel,” ujar Arusani saat ditemui di rumah dinasnya.

Dua pelabuhan itu menjadi penghubung di daratan Kecamatan Batauga dan kecamatan lainnya. “Rencananya kita akan laksanakan paling cepat Desember 2019 dan paling lambat di Januari 2020. Anggarannya dari APBN sekira Rp 95 miliar. Pelabuhan Siompu sekira Rp.50 miliar dan Pelabuhan Kadatua sekira Rp.45 miliar. Namun ntuk tahap awal pembangunan sekira Rp.10 miliar dulu. Masing-masing pelabuhan sekira Rp.5 miliar,”terang Arusani.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Busel, Erik Octora Hibali (tiga dari kanan) bersama tim Syahbandar Baubau dan ASDP Baubau saat meninjau lokasi pembangunan pelabuhan di Busel.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Busel, Erik Octora Hibali mengatakan tim teknis Kementerian Perhubungan dan Dishub Busel sudah melakukan peninjauan lapangan. Tim kementerian memastikan pembangunan dua pelabuhan tersebut sangat layak baik pada sisi kajian lingkungan maupun kajian teknis,” ujarnya kepada Kendari Pos, Kamis (14/11). Erik Octora Hibali pun meyakini dengan terbangunnya dua pelabuhan itu maka akses transportasi laut di Busel kian lancar dan tercipta konektivitas antarwilayah.”Sehingga dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat,” tutupnya. (mel/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy