Libatkan KPK, Tito akan Awasi APBD – Kendari Pos
Nasional

Libatkan KPK, Tito akan Awasi APBD

Mendagri Tito Karnavian (dua dari kiri) saat serah terima jabatan dengan pejabat sebelumnya Tjahjo Kumolo.

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam bidang pengawasan dan pencegahan tindak pidana korupsi. Kerja sama ini untuk menyisir penggunaan APBD di pemerintah daerah (Pemda).

Dana yang diawasi utamanya adalah anggaran transfer daerah, agar tidak disalahgunakan. Sebagaimana diketahui anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dalam APBN 2020 cukup sebesar mencapai Rp 858,8 triliun, di mana sekitar Rp 72 triliun di antaranya merupakan Dana Desa.

“Ini kami lakukan dalam rangka pengelolaan, pengawasan, pembinaan anggaran negara yang ditransfer ke daerah. Kita tahu bahwa tahun depan itu lebih kurang Rp 800 triliun anggaran yang akan ditansfer ke daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota,” kata Mendagri Tito Karnavian, Kamis (31/10).

Tito menjelaskan, anggaran APBD yang berasal dari pusat harus disertai pembinaan agar penggunaannya tepat sasaran. Pengawasan juga dibutuhkan agar tidak terjadi penyimpangan.

“Banyak masukan-masukan dari KPK dalam pembinaan dan pengawasan. Ada delapan elemen yang diintervensi atau diawasi mulai dari perencanaan, kemudian dana desa, manajemen aset, dan hal-hal lainnya,” ucap Tito.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy