Dokumentasi kendari pos
Siswa-siswi Smart School Kendari saat melukis di taman Budaya Kota Kendari, dalam rangka belajar di luar kelas

KENDARIPOS.CO.ID — Biasanya, saat jam pelajaran, siswa masuk di kelas masing-masing, sambil mendengarkan para guru membawakan materi. Namun, pagi kemarin (7/11), suasana berbeda dijumpai oleh ratusan siswa-siswi dari Smart School Kendari. Seluruh siswanya diajak mengikuti kegiatan sehari belajar di luar kelas atau Outdoor Calasroom Day (OCD), tepatnya di taman Budaya Kota Kendari.
Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Muchdar Alimin mengungkapkan, kegiatan OCD bertujuan mengajarkan anak untuk lebih bertanggung jawab serta dilatih untuk mandiri, hal ini juga mendukung sekolah yang berbasis ramah anak yang telah diprogramkan oleh pemerintah termasuk Kota Kendari. “Program OCD ini merupakan program pemerintah pusat yang dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI,” jelasnya, Kamis (7/11).
Dijelaskan bahwa seluruh sekolah yang ada di Kota Kendari, dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA secara serentak melaksanakan kegiatan OCD ini. Kegiatan sehari belajar di luar kelas ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anak Universal atau Universal Children’s Day yang diperingati setiap tanggal 20 November mendatang. “Pelaksanaan sehari belajar di luar kelas dilakukan dalam upaya memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak, sehingga perlu memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan bakat dan kemampuan anak melalui Sekolah Ramah Anak,” ujarnya.

Laman: 1 2