Kontestan Pilbup Muna Minim Kader Parpol – Kendari Pos
Politik

Kontestan Pilbup Muna Minim Kader Parpol

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Muna tahun 2020 mendatang hampir dipastikan menjadi pertarungan figur non partai politik. Mayoritas partai pemenang pemilihan legislatif 2019 mengaku tak percaya diri mengusung kader dalam helatan demokrasi tersebut. Partai berbondong-bondong menempuh mekanisme penjaringan terbuka untuk menentukan keputusan politik lima tahun mendatang.

Konstalasi politik jelang Pilbup Muna 2020 untuk sementara waktu memang baru melahirkan enam nama yang terlihat mengikuti proses pendaftaran partai politik. Mereka adalah Saharuddin, Abdul Asis, Syarifuddin Udu, LM. Baharuddin, LM. Rajiun Tumada dan LM. Rusman Emba. Nama terakhir merupakan satu-satunya yang murni berstatus sebagai kader partai politik aktif. Rusman yang juga petahana tercatat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu di DPD PDIP Sulawesi Tenggara.

Sementara Saharuddin dan Syarifuddin tercatat sebagai akademisi dan birokrat. Abdul Asis berlatar belakang purnawirawan polisi dan LM. Baharuddin saat ini berstatus non Parpol setelah mundur dari PAN. LM. Rajiun Tumada juga tercatat terakhir kali memiliki kartu tanda anggota PAN, sebelum memilih mundur pada 2018 lalu.

Kendati satu-satunya partai yang menerjunkan kader dalam Pilbup, PDIP memilih tetap menempuh penjaringan terbuka. Kebijakan itu atas instruksi DPP yang menggariskan setiap DPC dengan perolehan di bawah 20 persen kursi parlemen, wajib menggelar penjaringan. Namun demikian, kader tetap mendapat prioritas. “PDIP tetap membuka peluang non kader karena ada kewajiban koalisi setelah perolehan kursi parlemen hanya empat orang,” kata Muh. Akhirullah, Ketua Penjaringan DPC PDIP Muna, Jumat (29/11).

Empat partai teratas hasil Pileg 2019 yakni Hanura, Demokrat, Golkar dan PKB memastikan tidak ikut mengusung kader di posisi 01. Paling realistis, partai hanya bisa menawarkan posisi wakil. Partai harus legowo karena tak memiliki kader potensial. Hal itu diakui Wakil Ketua DPC Hanura, Irwan. Menurutnya, kendati memiliki lima kursi parlemen, partainya kembali menimbang-nimbang peluang bisa menang jika harus mengusung kader.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy