Kobarkan Semangat PO5, AS Tamrin : Mari Berpartisipasi dan Sukseskan Event HUT Baubau ke-18 – Kendari Pos
Nasional

Kobarkan Semangat PO5, AS Tamrin : Mari Berpartisipasi dan Sukseskan Event HUT Baubau ke-18

AS TAMRIN


KENDARIPOS.CO.ID — Jalan sehat dalam memperingati hari jadi Baubau ke-478 dan HUT Kota Baubau ke-18 sebagai DOB serta HUT Kendari Pos yang ke-24 bukan hanya sekadar event biasa. Wali Kota Baubau punya misi menularkan dan mengobarkan semangat falsafah Buton di dalam event jalan sehat, yakni PO5.

PO5 itu adalah penjabaran dari popia-piara yang bermakna saling memelihara, pomamasiaka atau saling menyayangi, poangka-angkataka yakni saling mengangkat harkat, pomae-maeakan yang berarti saling menghargai dan pobinci-binci kuli yang bermakna toleransi. Menurut Wali Kota Baubau, AS Tamrin, dalam kehidupan sosial masyarakat, PO5 mengandung nilai yang universal. Yaitu sebuah falsafah rasa yang mengatur terciptanya hubungan baik dan toleran atara sesama dalam masyarakat. Makanya nilai-nilai budaya itu harus terus digaungkan dan ditanamkan dalam pribadi masyarakat khususnya generasi muda sebagai penerus estafet kepemimpinan ke depan.

Dengan begitu nilai-nilai budaya masyarakat Buton akan tetap terpelihara dengan baik. Dan salah satu media untuk menggaungkan kearifan budaya masyarakat Buton itu adalah melalui kegiatan jalan sehat yang digagas Kendari Pos bersama Luwak White Koffie. “Mari berpartisipasi dan sukseskan jalan sehat serta berkumpul memupuk rasa kebersamaan. Sehingga hubungan antara pemerintah dan masyarakat terus rekat dalam bingkai kebersamaan. Saya akan ikut menyemarakan jalan sehat. Itu sebagai bentuk dukungan penuh karena event ini dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan hari jadi Baubau ke-478 dan HUT Kota Baubau ke-18 sebagai DOB serta HUT Kendari Pos yang ke-24,” ujar AS Tamrin kepada Kendari Pos, kemarin.

Sejak periode pertama hingga periode kedua sebagai Wali Kota Baubau, AS Tamrin terus mengangkat dan menyosialisasikan nilai-nilai falsafah Buton, PO5 dalam masyarakat. Termasuk berbagai jenjang sekolahan di Baubau. Langkah itu dilakukan agar PO5 menjadi pedoman di tengah derasnya arus global saat ini. Dan warisan budaya bisa tetap terjaga dan dilestarikan oleh generasi muda.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy