Keturunan Penguasa di Parlemen : Sistem Pemilu Indonesia Beri Peluang Oligarki Politik – Laman 2 – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Keturunan Penguasa di Parlemen : Sistem Pemilu Indonesia Beri Peluang Oligarki Politik

Di parlemen Provinsi Sultra, ada sosok Aksan Jaya Putra, anak Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga. Ada pula Achmad Aksar, putra Bupati Wakatobi, Arhawi. Achmad Aksar meraih suara tertinggi dibandingkan politisi Golkar lainnya. Selain itu, ada Rifki Saifullah Razak, anak Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), Amrullah. Kini, publik menanti kinerja mereka.

Tak dapat disangkal jika eksistensi mereka berada di parlemen sebagai upaya menempa dan mematangkan kemampuan politik untuk menjadi pemimpin ke masa-masa mendatang. Merambah partai politik menjadi pintu masuk untuk mengenal dan memahami dunia politik sesungguhnya. Lalu, beranjak memimpin daerah kekuasaan ayah mereka pada fase berikutnya atau wilayah pengabdian politik lainnya.

Pengamat Politik dari Universitas Halu Oleo (UHO), Dodi Santoso, menilai fenomena ini sebagai gejala oligarki politik yang sangat nyata. Mereka dipersiapkan sejak dini untuk menjadi penguasa di masa yang akan datang. “Tidak salah jika anak pejabat menjadi anggota dewan. Semua warga negara Indonesia memiliki hak politik yang sama. Sesuai konstitusi, mereka berhak untuk memilih dan dipilih. Namun, negara kita ini sudah mulai kembali pada politik oligarki yang ditandai dengan penempatan keluarga dan sanak saudara pada posisi-posisi strategis. Salah satunya di parlemen,” ujar Dodi kepada Kendari Pos, Minggu (17/11).

Lanjut dia, hampir seluruh daerah di Indonesia menunjukkan tren ini. Berbahaya ataupun tidak, tergantung pada kapasitas dan kapabilitas masing-masing tokoh muda tersebut. Jika kinerjanya baik, kata magister Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip) ini, tentu rakyat akan mendukung mereka.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy