Kery Ingin Konawe Jadi Lumbung Sagu Nasional – Kendari Pos
Nasional

Kery Ingin Konawe Jadi Lumbung Sagu Nasional

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (sembilan dari kiri) bersama para dubes saat meninjau budidaya sagu di Desa Labela,Konawe, Sabtu (2/11) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi sagu di Kabupaten Konawe sangat melimpah. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menyebut, potensi sagu saat ini mencapai 3.725 hektare. “Budidaya sagu Konawe dilakukan di antara lembah dan perkampungan masyarakat. Contohnya, di Desa Labela yang dibina lewat kerjasama organisasi pangan dan pertanian dunia (Food and Agriculture Organization) sejak tahun 2016. Sekali panen, sekira 2 ton sagu basah dan 3 ton sagu kering,” ujarnya, Senin (4/11).

Dengan besarnya potensi sagu di wilayahnya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa memberikan perhatian penuh bagi keberlangsungan produksi sagu untuk mewujudkan cita-cita luhur Konawe menjadi lumbung sagu nasional maupun internasional. Salah satunya, mendorong pihak DPRD untuk bersama-sama merancang sebuah peraturan yang dikhususkan untuk meningkatkan produksi sagu daerah.

Misalnya, membuat peraturan daerah (perda) yang mewajibkan setiap pria yang hendak menikah untuk menanam satu pohon sagu di lahan pribadi sebagai syarat untuk meminang gadis Konawe. “Dengan regulasi itu, nanti warga Konawe diwajibkan menanam satu pohon sagu bagi yang akan menikah. DPRD Konawe silakan buat Peraturan Daerah (Perda)-nya,” ujar Kery, beberapa waktu lalu.

Kery Saiful Konggoasa meyakini kebijakan menjadi senjata ampuh untuk menjaga sekaligus meningkatkan potensi sagu di tingkat lokal maupun global. Sebab dirinya yakin, sebagai bahan pangan pengganti beras, sagu bakal berperan besar dalam menopang pemenuhan kebutuhan pangan dunia. “Atas nama pemerintah, kami juga sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan FAO terhadap pengembangan sagu di Desa Labela,” imbuh Kery Saiful Konggoasa.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy