KENDARIPOS.CO.ID — Rencana pemerintah pusat untuk memangkas jabatan eselon dalam struktur organisasi pemerintahan segera direalisasikan. Hal itu menyusul diedarkannya surat dari Menpan-RB terkait instruksi pemetaan jabatan. Namun, aparatur sipil negara (ASN) tak perlu risau, tambahan penghasilan pegawai (TPP) tetap ada, sekalipun tanpa jabatan eselon III dan IV itu.

Kepala BKD Sultra, La Ode Mustari mengatakan, pihaknya sudah menerima edaran tersebut. Dia menegaskan, pemangkasan eselon hanya soal kebijakan struktur. Tidak mempengaruhi gaji maupun TPP mereka. “Kita ini belum terima petunjuk teknis (juknis) pemetaan itu. Tapi saya yakin ini tidak mempengaruhi gaji pokok apalagi TPP itu,” kata mantan Pj. Bupati Buton Selatan ini.

Menurutnya, dengan dialihkannya dari jabatan struktural ke fungsional, maka tunjangan itu berpotensi bertambah. “Kan yang dihitung beban kerja. Kalau kerjanya banyak bisa dapat TPP maksimal,” sambungnya. Untuk TPP ASN Sultra berdasarkan Pergub Nomor 56 Tahun 2013 untuk eselon III yakni Rp 2,75 juta hingga Rp 3,5 juta. Sedangkan eselon IV Rp 1,8 juta. (lyn/b)