Kemenpar Sarankan Kedepan Iven Wakatobi Wave Ditangani EO – Kendari Pos
Wakatobi

Kemenpar Sarankan Kedepan Iven Wakatobi Wave Ditangani EO

KENDARIPOS.CO.ID — Perhelatan Wakatobi Wonderfull Festival and Expo (Wakatobi Wave) memang telah usai. Namun, even berskala nasional ini tentu memberi kesan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab Wakatobi), tamu undangan hingga masyarakat Wakatobi sendiri. Sepanjang pelaksanaannya, lautan manusia memadati pelataran Marina Togo Mowondu Kecamatan Wangi-Wangi. Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu dibenahi pada pertunjukkan even yang cukup sukses ini. Pasalnya, durasi dan peserta karnaval yang sangat banyak. Makanya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Deputi Pengembangan Pemasaran I, Risky Handayani mengharapkan ke depan Wakatobi Wave harusnya ditangani Even Organiser (EO).

Risky Handayani mengaku takjub melihat pertunjukkan budaya Kansoda dan ratusan penari kolosal pada pembukaan Wakatobi Wave. Makanya, pada tahun selanjutnya Pemkab Wakatobi diharapkan bisa menggandeng EO untuk menangani even sebesar ini. “Ke depan mungkin sudah bisa memanggil EO. Jadi, Pemda Wakatobi hanya mendanai tapi yang mengelolanya EO. Karena ini akan sampai ke pasarannya, promosinya dan mungkin bisa dapat sponsorsif kedepannya ya,” ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan dukungan dan komitmen Pemda Wakatobi dalam keberlanjutan even ini dinilai sangat penting. Tentu saja tak lepas dari dukungan dan dorongan pemerintah pusat melalui kementerian terkait. “Masyarakat dapat manfaatnya melalui acara ini. Even ini harus punya nilai ekonomi. Tapi perlu diketahui even ini sangat bagus apalagi ada keterlibatan masyarakat di dalamnya. Jadi, masyarakat bisa merasakan bahwa even ini adalah miliknya mereka,” tambahnya.

Sekedar diketahui, sebelum perhelatan Wakatobi Wave terlebih dulu Pemda Wakatobi membuka expo pameran industri ekonomi kreatif. Pameran yang menjajakan bergaram usaha dari para pelaku ekraf dibuka dua hari sebelum acara utama Wakatobi Wave. Meski jadwal Wakatobi Wave hanya tiga hari namun pelaku diberi kesempatan untuk menjajakan usahanya selama lima hari. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy