Kemenkumham Sultra Komitmen Berantas Narkoba, Siap Bantu Polisi dan BNNP Tangkap Pengendali – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Kemenkumham Sultra Komitmen Berantas Narkoba, Siap Bantu Polisi dan BNNP Tangkap Pengendali

KENDARIPOS.CO.ID — Aksi pengendali narkoba dari balik Lapas seperti pengakuan kurir dan pengedar narkoba, cukup meresahkan petinggi Kanwil Kemenkumham Sultra. Kepala Kantor Kemenkumham Sultra, Sofyan menegaskan komitmennya memberantas peredaran narkoba.
Sofyan tiada henti-hentinya selalu mengingatkan kepala UPT (Rutan dan Lapas) di seluruh Sulawesi Tenggara agar intens merazia setiap bulan. Menurut Sofyan, inspeksi mendadak di Laps dan Rutan harus terus dilakukan. Lalu diikuti tes urine kepada para warga binaan.

Sofyan tidak menampik memang sering terjadi hal-hal yang tidak terduga di Lapas Kendari. Misalnya ada dugaan pengendali narkoba oleh oknum tertentu. Tertangkapnya beberapa narapidana di Lapas Kendari merupakan kerja sama pihak Lapas Kendari dan aparat polisi atau BNNP. Hal itu sebagai indikator komitmen Kemenkumham dan jajaran (Lapas/Rutan) untuk memberantas narkoba di dalamnya.

“Dengan keterbatasan sumber daya manusia, kami tetap breusaha keras melakukan pencegahan. Buktinya ketika kami menemukan oknum narapidana, kami langsung sampaikan ke Polda atau BNNP Sultra.Intinya, Lapas zero handphone dan zero narkoba,” ujar Sofyan kepada Kendari Pos.

Kepala Kantor Kemenkumham Sultra, Sofyan

Di tempat terpisah, Kepala Lapas Kendari, Abdul Samad mengatakan, peredaran narkoba disebabkan karena adanya alat komunikasi yang tidak diketahui proses masuknya. Abdul Samad intens merazia warga binaannya. Padatnya warga binaan di Lapas membuat petugas kesulitan. “Kami sudah berupaya semaksimal mungkin, merazia dan memeriksa setiap blok dan warga binaan untuk mencari alat komunikasi tersebut, tapi masih saja juga kecolongan,”kata Samad.

Samad mengaku terbuka dan selalu berkoordinasi dengan polisi dan BNNP Sultra. Misalnya, oknum napi yang mengendalikan kurir narkoba dari balik Lapas bermodalkan alat komunikasi. Pihak Lapas membantu mencari di setiap blok tahanan dan menyita barang bukti handphone dari warga binaan. Menurut Samad, keterbukaan Lapas menjadi indikator komitmennya membantu polisi dan BNNP memberantas Narkotika. “Saya yang ambil napi itu dan langsung sita handphonenya, lalu diserahkan ke BNNP Sultra,” tutup Abdul Samad. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top