Antrian registrasi peserta CPNS di Kemenkumham Kanwil Sultra, tahun lalu. Seleksi CPNS tahun ini, Kemenkum HAM mengumumkan 4.598 formasi. 3.532 lowongan diperuntukkan lulusan SMA. Dan sekira 2.875 formasi untuk penjaga tahanan.

KENDARIPOS.CO.ID — Perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dimulai 11 November mendatang. Kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sudah memasukkan data kebutuhan pegawai ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Di antaranya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kemenkum HAM mengumumkan formasi CPNS berdasar surat nomor SEK.KP.02.01-745 yang bertanggal 1 November 2019. Total lowongan mencapai 4.598 formasi. Terdiri atas formasi khusus dan umum. ”Formasi khusus, yakni cum laude, disabilitas, serta putra/putri Papua dan Papua Barat,” ucap Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Kemenkum HAM Bambang Wiyono, kemarin.

Dari jumlah tersebut, 3.532 lowongan diperuntukkan lulusan SMA. Perinciannya, untuk formasi penjaga tahanan, dibutuhkan 2.875 orang. Sisanya, 657 lowongan, dibuka untuk posisi pemeriksa keimigrasian pelaksana/pemula. ”Penjaga tahanan akan tersebar di 33 kantor wilayah,” imbuh Bambang.

Laman: 1 2