Kemarau Panjang, 189 Hektar Sawah di Kolaka Alami Puso – Laman 2 – Kendari Pos
Kolaka

Kemarau Panjang, 189 Hektar Sawah di Kolaka Alami Puso

Tahir mengakui, luas areal persawahan yang mengalami puso kekeringan tahun ini sangat signifikan peningkatannya jika dibanding dengan tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2018 tidak ada se hektarpun sawah yang mengalami puso kekeringan. “Tahun ini terjadi puso kekeringan karena masa kemarau tahun ini lebih panjang dibanding tahun lalu. Sejak September hingga November ini belum juga hujan,” jelasnya.

Untuk meminimalisir terjadinya puso kekeringan, pihaknya telah menyiapkan sumur bor di sejumlah areal persawahan yang rentan mengalami kekeringan, khususnya di bagian selatan. “Jadi kami siapkan sumur dan pompa air untuk memenuhi kebutuhan air di persawahan. Tapi ternyata tahun ini, beberapa sumur itu juga mengalami kekeringan sehingga tidak bisa menyuplai air ke sawah,” ungkapnya.

Ia memastikan akan memberikan perhatian khusus kepada petani yang sawahnya mengalami puso kekeringan. “Jadi petani yang mengikuti asuransi dari Kementrian Pertanian dan sawahnya mengalami puso kekeringan itu akan diberikan asuransi sekitar Rp 6 juta per hektar. Sedangkan petani yang tidak masuk dalam program asuransi tersebut akan diberikan ganti rugi berupa benih pengganti pada musim tanam berikutnya,” ujarnya. (b/fad)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy