Kabut Asap Kepung Kolaka Timur : Kobaran Api Meluas Lebih 200 Hektar – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Kabut Asap Kepung Kolaka Timur : Kobaran Api Meluas Lebih 200 Hektar

KENDARIPOS.CO.ID — Lahan gambut di beberapa wilayah di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) kembali terbakar. Hingga Senin (25/11/2019), kobaran api telah menyebar di tiga Kecamatan yakni Tinondo, Lalolae dan Mowewe. Saat ini, luas lahan yang dilahap si jago merah telah mencapai lebih 200 hektar. Akibatnya, kabut asap mulai meluas hingga Kelurahan Rate-Rate Kecamatan Tirawuta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Koltim, Anzarullah mengaku telah menerjunkan timnya di TKP sejak kebakaran terjadi. Hanya saja, kobaran api belum sepenuhnya bisa dipadamkan. Sebab titik spot kebakaran cukup banyak. Di sisi lain, kondisi cuaca yang panas membuat percikan api mudah merambat.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Timur (Koltim) berupaya memandamkan api. Hingga kemarin, kobaran api telah menyebar di tiga Kecamatan yakni Tinondo, Lalolae dan Mowewe.

“Lahan gambut mudah terbakat terlebih suhu cuaca saat ini mencapai 37 derajat celsius. Anggota TRC didukung peralatan pompa sir empat unit, mobil pemadam hingga mobil tangki di lokasi kebakaran,” kata Anzarullah kepada awak Media Kendari Pos, Senin (25/11). Dari proses identifikasi lanjutnya, lokasi kebakaran terspot-spot. Salah satunya di lahan perkebunan sawit PT Sari. Untuk itulah, pihaknya telah meminta perusahaan mengisolasi lahan yang terbakar. “Lokasi kebakaran ada di PT. Sari dan ada dilahan masyarakat. Saya harapkan kepada PT Sari bisa mengisolasi lahan yang terbakar. Begitu pula masyarakat bisa menjaga persoalan ini,’ pintanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas inondo, Habaruddin Lasaima mengatakan kabup asap yang diakibatkan kebakaran gambut belum berdampak pada kesehatan warga. Sampai hari kemarin, belum ada warga yang mengeluhkan kesehatannya akibat asap. Namun demikian, pihaknya tetap melakukan antisipasi dengan membagi-bagikan masker ke pada masyarakat dan pelajar. “Ribuan masker sudah kita bagikan. Diantaranya di Desa Lamunde, Desa Tinengi, Desa Talata dan Desa Tawarombadaka. Kita harapakan masyarakat bisa proaktif jika ada yang terdampak ispa. Kami selalu siap dan menyiapkan masker di Puskesmas,” imbuhnya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy