Jelang Pilkada, Bawaslu dan KPU Konsel Tingkatkan Koordinasi – Laman 2 – Kendari Pos
Politik

Jelang Pilkada, Bawaslu dan KPU Konsel Tingkatkan Koordinasi

Wanita berhijab ini menjelaskan, pada dasarnya, ada tiga elemen penyelenggara Pemilu maupun Pilkada, yakni Bawaslu, KPU dan DKPP. Ketiga unsur itu adalah kunci suksesnya suatu pemilihan, baik Pilkada mapun Pemilu. “Secara teknis penyelenggara itu KPU dan Bawaslu mengawasi. Jadi tidak ada lagi istilah “Tom and Jery”. Artinya, dulu KPU masih ngumpet-ngumpet data. Begitu juga Bawaslu. Lewat kegiatan penguatan kelembagaan ini, kita lebih menekankan asas keterbukaan. Baik awal proses tahapan hingga akhir,” imbuhnya.

Dicontohkan, KPU dalam waktu dekat ini akan menyelenggarakan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Tentu kita berperan mengawasi. Begitupula dengan kita, tanggal 27 November Bawaslu bakal merekrut Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Olehnya itu kita mengharapkan ada masukan dari pihak KPU. Intinya bagaimana kita bisa saling sinergi,” harapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Konsel, Asriani, menambahkan, penguatan kelembagaan tersebut merupakan sebuah kegiatan positif dalam rangka mensinergikan proses penyelenggaraan tahapan Pilkada ke depan. “Harapannya kegiatan ini akan sering dilaksanakan dalam upaya menyamakan persepsi dan peningkatan koordinasi dari sisi teknis penyelenggara dan sisi pengawasan,” tambahnya. (b/kam)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy