Jelang Pensiun, Guru PNS Bakal Diangkat jadi PPPK – Kendari Pos
Nasional

Jelang Pensiun, Guru PNS Bakal Diangkat jadi PPPK

Ilustrasi Guru

KENDARIPOS.CO.ID — Wacana mengangkat PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dari guru PNS yang akan masuk masa pensiun, bakal diseriusi pemerintah. Hal ini terungkap dari pernyataan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

“Jadi Pak Muhadjir Effendy saat menjadi mendikbud sempat mengutarakan kekhawatirannya akan mutu pendidikan dengan banyaknya guru PNS yang pensiun. Kalaupun akan merekrut guru PNS baru, beliau waswas kualitasnya belum setara seniornya karena butuh waktu panjang,” terang Bima, Jumat (1/11).

Kekhawatiran lainnya adalah, daerah akan merekrut lebih banyak guru honorer baru sehingga menambah masalah baru lagi. Padahal, pemerintah sejak 2005 lewat PP 48/2005 sudah melarang keras merekrut hononer baru. “Agar tidak tambah honorer lagi, proses pembelajaran berjalan lancar, kualitas terjaga, makanya pemerintah berencana mengangkat guru-guru PNS yang akan pensiun menjadi PPPK. Memang ini baru wacana, tetapi sepertinya ini salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan pemerintah,” tuturnya.

Para pensiunan guru PNS yang diangkat PPPK ini, lanjut Bima, hanya dikontrak lima tahun. Dalam masa lima tahun itu, guru-guru baru bisa belajar kepada seniornya. Tahun ini pemerintah membuka lowongan CPNS 197.111 orang. Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).

Laman: 1 2

3 Comments

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy