Jangan Lagi ada PSU! – Kendari Pos
Politik

Jangan Lagi ada PSU!

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak dipungkiri, pesta demokrasi Indonesia dengan sistem pemilihan umum (Pemilu) selalu menghabiskan anggaran yang besar. Karena dana Pemilu berasal dari kas negara, maka diharapkan penggunaannya bisa tepat sasaran. Pemungutan suara ulang (PSU) dinilai sebagai salah satu fenomena yang menyebabkan pemborosan anggaran. Pada Pemilu 2019 lalu, tercatat ada 62 tempat pemungutan suara (TPS) di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang direkomendasikan oleh Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) untuk digelar PSU. Karenanya, banyak pihak yang berharap agar PSU tidak terjadi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 nanti. Selain membuang-buang anggaran, PSU juga terkadang menimbulkan kegaduhan.

Hamiruddin Udu

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra), Hamiruddin Udu, mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan fungsi pengawasan di TPS untuk menghindari terjadinya PSU. Komunikasi intensif antara Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini sedang dibangun. “Saat ini kami intens melakukan penguatan kepada Bawaslu kabupaten/kota dan menjalin kemitraan dengan KPU. Bawaslu juga akan mendorong partisipasi publik untuk melakukan langkah bersama agar tidak ada PSU di Pilkada nanti,” ujar Hamiruddin saat dihubungi, kemarin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy