Jalan Mulus Investasi Terbentang Jika Pemerintah Tak “Obral” Peraturan

“Tidak membuat banyak peraturan itu pasti ada koridornya. Ini kan semangatnya agar tidak ada lagi hambatan teknis dalam investasi untuk membangun bangsa dan daerah,” ungkap Suwandi.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi meminta para kepala daerah dan pejabat wilayah untuk tidak banyak menerbitkan peraturan baru. Ini disampaikan dalam pidato di acara Rapat Koordinasi Nasional yang diselenggarakan Kemendagri di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11). “Saya titip Ketua DPRD, gubernur, bupati, wali kota yang ada semua, saya sudah pesan kepada ketua dan pimpinan DPR, saya juga pesan ketua DPRD, jangan banyak-banyak membuat perda,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, banyaknya peraturan di daerah, terkadang menyusahkan jalannya roda pemerintahan. Terutama, berkaitan dengan investasi. “Jangan banyak-banyak membuat pergub, perbup, jangan banyak perwal, negara ini sudah banyak peraturan, dan negara ini bukan negara peraturan,” tegasnya.

Jokowi lantas meminta jajaran pemerintahan di daerah untuk tidak lagi menerbitkan peraturan yang menghambat kerja dan perkembangan wilayah. Dia meminta pemerintah daerah mengikuti langkah pusat yang menerbitkan omnibus law (satu UU yang dibuat untuk menyasar isu besar dan mencabut atau mengubah beberapa UU). (rah/yog/uli/b)

Laman: 1 2 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *