Jalan Mulus Investasi Terbentang Jika Pemerintah Tak “Obral” Peraturan – Laman 2 – Kendari Pos
Nasional

Jalan Mulus Investasi Terbentang Jika Pemerintah Tak “Obral” Peraturan

Menurutnya, pemerintah daerah diberi hak oleh pasal 18 ayat 6 UUD 1945 untuk menetapkan Perda dan peraturan lainnya untuk melaksanakan otonomi daerah dan tugas pembantuan. “Kita membentuk Perda, ada mekanisme fasilitasi dan evaluasi. Fasilitasi Kemendagri juga ada,” jelas Sulastri.

Pakar Hukum Tata Negara Universitas Halu Oleo (UHO), Sahrina Safiuddin, instruksi Presiden Jokowi dapat dilihat dari berbagai perspektif. Sebagai instrumen hukum, Perda diperlukan sebagai dasar bertindak bagi pemerintah karena perbuatan pemerintah memiliki konsekuensi hukum.

“Tindakan pemerintahan daerah harus diatur dalam bentuk peraturan. Ada pula beberapa hal yang bisa diatur dalam bentuk kewenangan kepala daerah sebagai eksekutif. Misalnya melalui pergub, perbup atau surat keputusan (SK) kepala daerah. Itu bergantung apakah berada dalam ranah kewenangan eksekutif atau perlu persetujuan legislatif,” terang Sahrina.

Jika menimbulkan kesan bahwa Perda menghambat atau menyulitkan, maka evaluasinya bisa pada substansi atau prosedur penyusunannya. Karenanya, menyusun peraturan harus selektif pada hal-hal substantif.

Adapun omnibus law sebagaimana diwacanakan Presiden Jokowi, hanyalah salah satu model pengaturan dalam produksi undang-undang. “Pernah ada usaha melakukan omnibus law. Namun terkendala adanya beberapa hal yang memang jadi urusan konkuren daerah. Yang spesifik menjadi kebutuhan daerah dengan karakter kelokalannya,” tandasnya.

Bagi anggota DPRD Sultra, Suwandi Andi, instruksi presiden merupakan kebijakan terbuka. “Ini juga baik. Ke depan tidak ada lagi hal-hal yang mempersulit,” ungkapnya.

Namun, soal inovasi pemerintah dalam pembangunan yang membutuhkan dasar hukum, Suwandi mengatakan secara spesifik instruksi presiden itu mesti dipertegas.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy