Jalan Mulus Investasi Terbentang Jika Pemerintah Tak “Obral” Peraturan – Kendari Pos
Nasional

Jalan Mulus Investasi Terbentang Jika Pemerintah Tak “Obral” Peraturan

KENDARIPOS.CO.ID — Kebanyakan aturan, terkadang menyulitkan roda organisasi pemerintahan bergerak dinamis. Apalagi jika yang berkaitan dengan investasi dan pengembangan wilayah. Berangkat dari pemikiran itu, Presiden Jokowi mengintruksikan kepala daerah dan ketua DPRD di seluruh Indonesia untuk tidak membuat banyak aturan.

Banyaknya regulasi memicu panjangnya rentang kendali birokrasi terkadang menghambat masuknya investasi di sebuah daerah. Sejatinya pemda tidak “obral” peraturan. Muaranya agar jalan mulus investasi terbentang lebar.

Plt.Kepala Biro Hukum Setda Sultra, Sulastri mengatakan peraturan daerah (Perda) dan peraturan gubernur (Pergub) sesungguhnya dibutuhkan sesuai semangat mendukung otonomi daerah dan tugas pembantuan. Perda dibentuk sebagai bentuk pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. “Kalau saya memaknai arahan presiden bahwa, kita membentuk perda harus yang betul-betul dibutuhkan masyarakat dan tidak menghambat investasi,” ujarnya, kamis (21/11).

Sulastri menambahkan belum ada pertemuan lanjutan para kepala daerah untuk membahas dan implementasi instruksi presiden tersebut. Sebab pemerintah pusat masih akan menginventarisasi UU yang akan direvisi.

Perda dan pergub diterbitkan Pemprov Sultra selama rentang waktu 2014 hingga 2018 cukup banyak. Jumlah perda sekira
58 dan 380 Pergub. “Tahun 2019, ada 11 raperda yang masih dalam pembahasan di DPRD. Sedangkan rancangan Pergub ada sekira 27 tahun 2019 ini. Tapi itu belum final, masih ada kemungkinan tambahan sebab data itu per Agustus lalu,” kata Sulastri.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy