Ingin Pertahankan WTP, Inspektorat Bandung Belajar di Kendari – Kendari Pos
Metro Kendari

Ingin Pertahankan WTP, Inspektorat Bandung Belajar di Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Enam kali berturut-turut Kota Kendari meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD). Prestasi itu memantik Inspektorat Kota Bandung datang belajar di Kendari. Kepala Sub Bagian Data, Informasi, Evaluasi, dan Pelaporan Inspektorat Bandung, Erna Kurniawaty mengatakan kedatangan mereka untuk meningkatkan wawasan terkait pelaksanaan tindak lanjut hasil audit BPK untuk mempertahankan WTP.

“Walaupun kami Kota Bandung, tapi kami juga banyak tertinggal untuk ini. Kami sulit mencapai WTP, dan setelah berjuang baru tahun ini kita dapat WTP. Tapi, Kendari sudah keenam kali WTP. Kami ingin meningkatkan wawasan kami tentang itu, tentang tata cara penyusunan LKPD, dan audit kinerja berbasis faktor risiko,” terangnya saat dialog dengan para auditor Inspektorat Kendari di Aula Inspektorat Kendari, Kamis (14/11).

Kepala Inspektorat Kendari Syarifuddin menjelaskan strategi dalam mempertahankan WTP kepada rombongan Inspektorat Bandung, di Aula Inspektorat Kendari, Kamis (14/11).

Ia mengaku mendengar informasi bila pelaksanaan tindak lanjut hasil audit BPK RI di Kendari sudah mencapai 91,4 persen, sedangkan Bandung baru mencapai 72 persen. “Kesulitan kami adalah menyatukan pemahanan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) tentang hal yang harus ditindaklanjuti,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat, Syarifuddin mengaku bangga bila Inspektorat Bandung datang belajar ke Kendari untuk mempertahankan WTP. Untuk mempertahankan WTP, Kendari bentuk tim dan pembagian tugas perwilayah, lalu membentuk koordinasi dengan perangkat daerah, dengan memanggil kepala OPD, pemuktahiran data tindak lanjut. Setelah itu, pembahasan percepatan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK. Kata dia, peran Wali Kota dan pimpinan OPD sangat penting. Pemkot Kendari melakukan koordinasi dengan BPK Perwakilan Sultra. (hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy