Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding (di podium) menutup seminar nasional dalam rangkaian Hakteknas Provinsi Sultra di Hotel Claro Kendari, Rabu (27/11). Hari ini, pameran dan lomba teknologi dimulai hingga 30 November nanti.

KENDARIPOS.CO.ID — Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tingkat Provinsi Sultra dimulai hari ini. Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sultra sebagai penyelenggara akan menampilkan produk dalam pameran teknologi dari berbagai perguruan tinggi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan beberapa perusahaan swasta. Selain itu, ada lomba teknologi oleh para siswa se-Kota Kendari baik tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK.

Pameran dan lomba teknologi dimaksudkan sebagai wadah sosialisasi dan diseminasi produk teknologi serta perkembangannya agar diketahui masyarakat Sultra. Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari. Pameran teknologi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas, dan daya saing masyarakat Sultra dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang inovatif.

“Besok (hari ini, red) Harteknas resmi dimulai hingga 30 November di GOR Sultra. Upaya ini kami lakukan guna mendorong aktivitas penciptaan dan penerapan teknologi untuk menciptakan nilai tambah serta inovasi berbagai produk-produk daerah sebagai bagian dari upaya mewujudkan kondisi Sultra yang maju dan berdaya saing. Kita harus menjadi pencetus dalam beragam inovasi,” kata Sukanto Toding, Rabu (27/11).

Dia menambahkan, pameran Hakteknas ini juga bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang perlunya pengembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar tercipta kreativitas dan inovasi dalam masyarakat untuk meningkatkan daya saing yang akan memajukan bangsa.

Laman: 1 2