KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Presiden RI periode 2014-2019, Jusuf Kalla menjejakan kaki di Kota kendari, Sultra, Kamis (14/11) malam. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu diterima dan dijamu Pj.Sekprov Sultra, La Ode Mustari, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh dan unsur Forkopimda Sultra. Sembari menikmati jamuan makan malam, Jusuf Kalla berdiskusi ringan di mejanya.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengaku sangat akrab dengan sosiokultural di Sultra. Sebab, sejumlah anak perusahaan miliknya beroperasi di Bumi Anoa. Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat itu memuji sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Sultra. “Saya ke sini untuk lihat usaha juga. Sulawesi Tenggara ini sudah dikenal luas sekarang karena sumber dayanya banyak,” puji Jusuf Kalla mengawali sambutannya di Rujab Gubernur Sultra, Kamis (14/11) malam.

Jusuf Kalla mengaku pengabdiannya di ranah politik dan pemerintahan sudah lebih dari cukup. Purna tugas sebagai Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla kini fokus dalam urusan umat dan kemanusiaan. “Di PMI dan dewan masjid. Urus keumatan dan kemanusiaan saja. PMI kan selalu hadir untuk rakyat, termasuk bencana di Sultra. Itu juga PMI turun,” jelasnya.

Kepala Kantor SAR Kendari, Djunaidi, Danlanud HLO, Kolonel Pnb Nana Resmana, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, Ketua PMI Sultra Abdurrahman Shaleh, Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla, Plt. Sekprov Sultra La Ode Mustari, Kabinda Sultra, Brigjen TNI Aminullah, Wakapolda Sultra, Kombes Pol Yan Sultra Indrajaya foto bersama usai jamuan makan malam di Rujab Gubernur Sultra, Kendari, Kamis (14/11).

Di Sultra kata dia, Ketua PMI dijabat oleh Ketua DPRD, sedangkan Ketua Dewan Masjid dijabat Wakil Gubernur Sultra. Sehingga bagi Jusuf Kalla, tidak sulit berkoordinasi karena keduanya adalah pejabat publik. “Inilah bagusnya di Sulawesi Tenggara. Harapan saya, mari bekerja, memberikan yang terbaik dari diri kita untuk sesama,” lanjutnya.

Diakhir sambutannya, Jusuf Kalla menitip salam untuk Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas yang tak bertemu dengannya karena sedang tugas ke luar daerah. “Tolong sampaikan salam saya pada gubernur dan wakil gubernur kalau pulang,” tutup Jusuf Kalla. (lyn/b)