KENDARIPOS.CO.ID — Wa Niba didampingi suami, Samiun dan anaknya Dewi Kartini Samiun yang berusia 10 tahun. Ketiganya begitu semangat menyusuri rute jalan sehat dalam rangka memperingati hari jadi Baubau ke-478, HUT ke-18 Kota Baubau sebagai DOB dan HUT ke-24 Kendari Pos sukses digelar di Kota Baubau, Minggu (10/11). Mereka berhasil mencapai garis finish.

AKHIRMAN, Baubau

Tak lama setelah tiba di garis finish, suami Wa Niba mencari tempat lebih teduh untuk beristirahat. Tinggalah Wa Niba dan sang putri, Dewi Kartini Samiun. Mereka enggan beringsut dari depan tribun utama pengundian hadiah jalan sehat. Wa Niba dan anaknya tetap bertahan jelang senja hingga acara benar-benar tuntas. Saat hadiah utama akan diundi, seorang anak, peserta jalan sehat meraih bola yang dilempar panitia. Anak tersebut diminta naik panggung untuk menarik kupon.

Wa Niba peraih hadiah utama satu unit mobil.

Wa Niba hanya membatin. “Pas itu anak (peserta jalan sehat naik mengundi, red), dalam hati saya ngomong, semoga saya yang dapat mobil. Dan ternyata benar, nomor kuponku disebut. Saya kaget, merinding dan seakan tidak percaya,” kisah Wa Niba kepada Kendari Pos, setelah mendapat hadiah utama jalan sehat berupa satu unit mobil merek Ayla tipe 1.2 X MT warna putih.

Saking tak percaya, Wa Niba berulang kali memastikan nomor undian yang disebut panitia dan mencocokkan dengan kuponnya yang dipegang sang anak, 15047. “Saya memang sengaja titip kupon ke tangan anak karena selama ini ikut undian seperti ini, saya tidak pernah dapat hadiah. Baru hari ini. Dan hokinya (peruntungannya) itu ada sama anak saya,” jelas Wa Niba.

Sejurus kemudian, Wa Niba bergegas menemui panitia dan menunjukkan nomor kuponnya. Rona bahagia tak lepas dari wajah guru SD 2 Lamangga itu. Bulit air bening menetes dari kelopak matanya kala dinyatakan sebagai pemenang undian satu unit mobil. “Alhamdulillah, saya dapat mobil. Saya tidak menyangka sebelumnya. Saya sampai merinding,” ujarnya saat menerima hadiah secara simbolis dari Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Minggu (10/11).

Wa Niba menuturkan tak mendapat firasat akan mendapat hadiah mobil. Bahkan sejak awal tak berniat ikut jalan sehat. “Sebenarnya saya tidak mau ikut jalan santai ini. Karena kakiku sakit. Dan sudah tiga hari sebelumnya jalan sehat ini, saya susah tidur. Tapi entah kenapa, saya mendadak ingin ikut. Dan alhamdulillah ternyata saya dapat mobil,” ucapnya dengan bahagia.

Kata dia, dalam kegiatan jalan sehat Kendari Pos dan Luwak White Koffie ada lima kupon yang didaftarkan. Tetapi saat jalan sehat, ia bersama keluarganya hanya pegang tiga kupon. Dua kupon lainnya diberikan kepada peserta lain. “Tiga kupon ini, satu untuk saya, suami, dan anakku. Ternyata nomor kupon yang dipegang anakku yang beruntung dan dapat mobil,” ucap Wa Niba.

Wa Niba berterimakasih kepada Kendari Pos dan Luwak White Koffie yang telah menggelar jalan sehat berhadiah mobil. Selain hadiahnya yang luar biasa, seluruh pelaksanaan pengundian hadiah dilakukan secara fair. “Terimakasih kepada Kendari Pos. Semoga semakin maju dan tetap menjadi koran idaman masyarakat. Begitu pula dengan Luwak White Koffie, semoga semakin sukses,” katanya.

“Selama ini saya sudah sering ikut undian tapi baru kali ini yang benar-benar murni sesuai rezeki kita. Dari sejak pengumpulan kupon sampai pengundian saya perhatikan betul-betul tanpa rekayasa. Semua murni. Seluruh peserta melihat seksama saat kupon dimasukkan dalam kotak transparan. Lalu, yang cabut nomor undian bukan dari panitia ataupun pejabat. Termasuk undian hadiah mobil, yang cabut adalah peserta jalan sehat yang berhasil menangkap bola dari panitia,” tutupnya Wa Niba.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan, pengundian hadiah jalan sehat selalu dilakukan secara bersih dan profesional. Itu sudah dilakukan sejak jalan sehat berhadiah mobil pertama sampai yang kelima di Baubau. Pihak panitia ataupun pejabat tidak mencabut undian. Panitia melempar bola ke peserta jalan sehat. Siapapun yang mendapatkan bola, dipersilakan mencabut kupon undian. “Jadi semua benar-benar transparan. Yang menarik kupon dari kotak undian adalah masyarakat yang kita tidak kenal sama sekali. Masyarakat yang berhasil mendapat bola yang dilempar panitia,” tegasnya.

Irwan Zainuddin menyampaikan terimakasih kepada seluruh elemen yang telah mendukung terselenggaranya jalan sehat Kendari Pos di Kota Baubau. Khususnya Pemkot Baubau yang telah mendukung penuh. “Semua ini sebagai wujud kepedulian dan kecintaan Kendari Pos kepada masyarakat dan Kota Baubau,” pungkasnya. (b)