Gelar Pahlawan Nasional untuk Sultan Himayatuddin (Oputa Yii Koo), SK Sudah Diteken Presiden – Kendari Pos
Metro Kendari

Gelar Pahlawan Nasional untuk Sultan Himayatuddin (Oputa Yii Koo), SK Sudah Diteken Presiden

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Sultra mendapat kado istimewa pada hari Pahlawan 10 November dari Presiden RI, Jokowi. Salah satu putra terbaiknya, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yii Koo mendapat gelar Pahlawan Nasional atas perjuangan dan kegigihannya melawan kolonial Belanda.

Presiden sudah meneken surat keputusan bernomor 120/TK/Tahun 2019 tertanggal 7 November 2019 tentang penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Buton ke-XX (1750-1752) dan ke-XXIII (1760-1760) yang wafat 1776. Ahli waris sudah mendapat undangan penganugerahan gelar pahlawan nasional dari Kementerian Sekretaris Negara RI. Ahli waris diminta hadir Jumat (8/11), hari ini di Istana Negara.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengaku sejak awal meyakini jika dokumen yang diajukan tim penyusun pengusulan gelar pahlawan pada Oputa Yi Koo telah lengkap. Semua persyaratan untuk menjadi pahlawan nasional telah terpenuhi. Olehnya itu, sepertinya tak ada celah bagi tim tujuh untuk tidak meloloskan berkas tersebut.

“Kita sudah lama merindukan ada putra daerah kita yang menjadi pahlawan nasional. Dan menurut saya, Sultan Himayatuddin (Oputa Yi Koo) sangat layak mendapat gelar itu. Jasa-jasanya pada perjuangan kemerdekaan itu nyata,” ujar Ali Mazi. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top