KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra berupaya mewujudkan pengelolaan sistim informasi birokrasi berbasis Informasi Teknologi (IT) atau e-goverment. Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra menggandeng PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk memasang layanan virtual private network (VPN) internet protocol.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Sultra Saifullah mengatakan kerjasama itu dalam rangka menyukseskan berbagai tugas dan fungai pemerintah. Di antaranya, pengelolaan informasi dan komunikasi publik pemerintah, pengelolaan nama domain yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan sub domain di lingkup Pemprov.

Termasuk, pengelolaan e-government, penyelenggaraan statistik sektoral, penetapan pola komunikasi sandi serta keamanan informasi antar OPD Pemprov. “Layanan VPN ini untuk mengintegrasikan jaringan bandwith internet untuk mendukung kinerja seluruh OPD,” katanya usai teken kontrak perjanjian pemasangan VPN Internet Protocol.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Sultra, Saifullah (Kedua dari kiri), menerima dokumen kontrak yang diserahkan oleh Alimuddin, General Manager Wilayah Telekomunikasi Sultra.

Dia mengaku, kerjasama dengan Telkom akan mempermudah mengamankan seluruh informasi pemerintahan yang ada. Data-data setiap OPD bisa terintegrasi, namun data itu juga dilindungi oleh sistim keamanan yang kuat sehingga tidak bisa di ‘jebol’ oleh oknum. “Kenapa Telkom karena kami ingin bermitra dengan institusi yang sudah teruji dan memiliki nama besar di Indonesia,” sambung Saifullah. Penandatanganan surat perjanjian itu, lanjut dia, juga merupakan implementasi dari Perpres Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) nomor 95 tahun 2018. (lyn/b)