Fungsi Komisi Yudisial Diperkuat dengan Revisi UU – Kendari Pos
Nasional

Fungsi Komisi Yudisial Diperkuat dengan Revisi UU

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus meminta fungsi lembaga yang dipimpinnya agar diperkuat. Menurutnya, nilai etik yang dipegang KY merupakan hal penting. “Apabila ada perubahan undang-undang dasar, KY mendorong ada penguatan,” kata Jaja di Gedung KY, Jakarta Pusat, Kamis (14/11).

Jaja menyebut, KY bakal mengajukan revisi UU KY. Apalagi, kata dia, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendukung penguatan terhadap kewenangan KY. Jaja juga hendak membawa penguatan KY pada program legislasi nasional (Prolegnas). Dia menyebut DPR mempersilakan KY mengajukan hal itu. Menurut Jaja, peran KY harus semakin eksis. Sebab, nilai etik yang dipegang KY sangat penting. “Itu sangat penting dan utama dalam kehidupan bangsa dan bernegara,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua KY Jaja Ahmad Jayus, menemui Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Jaja datang bersilaturahmi sekaligus berdiskusi mengenai penguatan KY. “Kita informasikan betapa pentingnya KY eksistensinya dalam UUD dalam proses penegakan hukum di Indonesia dalam rangka menjaga peradilan yang bermartabat, peradilan yang adil, transparan peradilan yang merdeka dan sebagainya,” kata Jaja di Kantor Wapres.

Menurut Jaja, dalam pertemuan itu, dijelaskan bagaimana peran KY selama ini. Termasuk soal kewenangan menerima laporan dari masyarakat terkait dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). Jaja menyebut selama ini pihaknya hanya berwenang memberi rekomendasi ke Mahkamah Agung (MA) jika ada hakim yang melanggar KEPPH. Namun rekomendasi itu, kata Jaja, tidak semua ditindaklanjuti oleh MA. “Pak Wapres menyambut positif tentang eksistensi daripada KY di dalam UUD kalau bisa saya mendorong ke Pak Wapres agar mendukung penguatan KY,” tukas Jaja. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy