Era Revolusi Industri 4.0 Butuh Birokrasi Ramping – Kendari Pos
Nasional

Era Revolusi Industri 4.0 Butuh Birokrasi Ramping

Tjahjo Kumolo

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Rencana, Tjahjo Kumolo bergerak cepat menerjemahkan arahan Presiden RI, Joko Widodo terkait penyederhanaan birokrasi. Menteri Thahjo menerbitkan surat edaran bernomor 381 tahun 2019 tentang langkah strategis dan konkret penyederhanaan birokrasi.

Pemangkasan eselon yang membuat birokrasi lebih ramping diyakini dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Bagi akademisi Fisip UHO, Prof. Dr. Eka Suaib mengatakan penyederhanaan birokrasi mendukung percepatan pengambilan keputusan dan proses administrasi yang selama ini terlihat panjang dan kaku. Sehingga kultur yang dianut birokrasi tersebut dianggap tidak mampu bersaing pada era revolusi industri 4.0.

Pada sisi lain, revolusi industri 4.0 membutuhkan sistem birokrasi yang cepat. “Salah satu upaya untuk menjadikan birokrasi mampu bersaing dalam era yang kompetitif ini, yakni dengan memperpendek rentang kendali dalam bentuk penyederhanaan jabatan yang ada di eselon yang selama ini sangat tidak fleksibel, siratis dan amat kaku,” tuturnya pada Kendari Pos, Jumat (15/11).

Presidium Kahmi Sultra itu menambahkan birokrasi yang lebih sederhana akan berdampak positif pada peningkatan daya saing Indonesia pada era industri 4.0 yang lebih membutuhkan jabatan fungsional. “Saat ini, birokrasi kita cukup panjang dan tidak fleksibel, sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk menghasilkan keputusan yang seharusnya bisa ditetapkan dengan cepat. Dengan tidak fleksibelnya birokrasi kita, membuat daya saing Indonesia tidak mengalami peningkatan,” imbuh Prof.Eka Suaib.

Selain itu, penyederhanaan birokasi berkorelasi positif pada peningkatan keahlian ASN agar lebih terampil karena berada di sektor fungsional. “Kemajuan teknologi sangat mempengaruhi kualitas dan sistem kerja pemerintahan kita, sehingga mau tidak mau kita dituntut untuk menerapkan sistem kerja dan ditekankan pada bidang keahlian, dan hal tersebut terdapat pada jabatan yang fungsional,” tuturnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy