Dukung Mobilitas Mantri Perkebunan, Bupati Kolut Bagi-bagi Motor – Kendari Pos
Kolaka Utara

Dukung Mobilitas Mantri Perkebunan, Bupati Kolut Bagi-bagi Motor

KENDARIPOS.CO.ID — Agenda aksi penanaman bibit kakao Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) tahun 2019 telah berakhir. Pada aksi terakhir di Desa Rante Limbong Kecamatan Lasusua, Bupati Kolut, Nur Rahman Umar turut membagi-bagikan 15 unit motor ke para mantri perkebunan (manbun). Upaya ini tak lain untuk mendukung mobilitas manbun.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar meminta dukungan masyarakat dalam membantu menyukseskan program revitalisasi kakao. Apalagi Kakao menjadi barometer dan program pilihan pemerintah mendongkrak perekonomian masyarakat. “Kami percayakan kendaraan ini untuk mengawal dan mempercepat pelaksanaan tugas-tugas manbun di lapangan,” ujar Nur Rahman Umar, Senin (11/11).

Pasangan H Abbas ini mengapresiasi dukungan semua pihak terutama anggota DPRD Kolut. Sebagai mitra, dewan selalu memberi support dan hadir setiap aksi penanaman kakao. Hingga kini, ribuan bibit kakao berhasil ditanam. Meski agenda aksi ini telah berakhir, namun proses penanaman kakao ini masih terus berlangsung. “Alhamdulillah, dukungan penuh selalu diberikan legislatif. Semoga target yang kita canangkan bisa tercapai,” ujarnya.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar (pegang mike) didampingi Kepala Dinas Perkebunan Kolut, Ismail Mustafa (dua dari kiri) dan Ketua DPRD Kolut Sementara, Buhari (tiga dari kanan) memberi pengarahan di aksi penanaman bibit kakao di Desa Rante Limbong Kecamatan Lasusua, Senin (11/11).

Di tempat yang sama, Kadis Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa mengatakan pengadaan 15 unit motor merk Honda Verza 150 CC menelan anggaran sekitar Rp 350 jutaan. Kendaraan ini bertujuan untuk membantu operasional para manbun. “Bupati punya perhatian besar terhadap para manbun. Untuk menunjang kinerja mereka di lapangan, dialokasikanlah anggaran motor. Dan motornya bisa langsung dibawa pulang,” ujarnya.

Berdasarkan peta wilayah program revitalisasi kakao, penanaman bibit kakao untuk zona tengah sudah mencapai 95 persen. Sementara zona utara baru berjalan 70-an persen. Untuk jadwal aksi ini memang telah berakhir, namun untuk penanaman masih berlangsung hingga bulan Desember mendatang. “Kami minta para petani untuk selalu berkonsultasi dengan manbun jika ada kendala di lapangan,” ujarnya.

Penanaman bibit kakao di Desa Rante Limbong sambung Ismail Mustafa, di atas lahan seluas tujuh hektar. Aksi kali ini lebih cepat dibanding penanaman sebelumnya. Pasalnya, warga yang turun melakukan cukup banyak bahkan lebih dari 700-an orang. “Saya mengajak semua lapisan masyarakat tetap bersemangat. Yang pastinya, kami terbuka untuk berkonsultasi untuk memperlancar program ini,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy