DPW PKB Kembali Buka Pendaftaran, Jaelani Dipastikan Maju Jadi Cawabup Muna – Kendari Pos
Politik

DPW PKB Kembali Buka Pendaftaran, Jaelani Dipastikan Maju Jadi Cawabup Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali membuka pendaftaran calon kepala daerah (Kada). Sekjen PKB Sultra, Usman Sadikin, mengatakan, penjaringan yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di tujuh daerah penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sultra sudah tertutup sejak 30 Oktober lalu. Namun, DPW melalui tim verifikasi wilayah akan memperpanjang pendaftaran hingga akhir November 2019. Hal itu dilakukan untuk mengakomodasi pendaftar yang tidak terserap di DPC.

“Kami khawatir ada pendaftar di kabupaten, namun karena kurang cocok, sehingga DPC tidak menerima mereka. Atau sebaliknya, si pendaftar yang merasa kurang cocok dengan DPC sehingga enggan mendaftar. Karena hal seperti ini biasa terjadi. Kita ingin memberikan hak yang sama kepada semua warga negara Indonesia,” ujar Usman saat dihubungi, Rabu (6/11). Meski belum ada yang mendaftar secara resmi sejauh ini, lanjut dia, sudah ada beberapa figur yang mencoba menjalin komunikasi.

Sebelum mengusul nama calon Kada ke DPP, kata Usman, DPW bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) akan melakukan survei guna mengukur peluang keterpilihan semua pendaftar. DPP akan turun langsung dalam survei untuk menghindari manipulasi oleh DPC maupun DPW. Karena tidak dapat mengusung calon sendiri di tujuh daerah penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada), partai besutan Cak Imin ini akan memaksimalkan konsolidasi dengan partai pemilik kursi lainnya. “Misalnya di kabupaten A, partai B mencalonkan si C, lalu kursi belum cukup, PKB akan pandai-pandai melihat apakah figur ini bisa diajak koalisi atau tidak. Koalisinya nanti bisa jadi PKB kosong satu atau sebaliknya,” imbuhnya.

Usman Sadikin

Mengenai kader yang akan dijagokan dalam kontestasi nanti, Usman Sadikin menyebut sosok Jaelani di Pilkada Muna. Namun, Jaelani hanya akan didorong sebagai wakil. Pertimbangannya, Jaelani dinilai masih muda sehingga perlu memperkaya pengalaman dalam urusan birokrasi. Apalagi, di Muna banyak tokoh senior yang dipastikan tampil dan saat ini sedang berebut dukungan partai. Kata Usman, PKB berpikir realistis bahwa Jaelani belum bisa disandingkan dengan para tokoh kawakan yang sudah malang melintang di panggung perpolitikan dan pemerintahan. Usman juga menilai bahwa figur-figur itu memiliki kans besar untuk terpilih.

“Ada petahana dan mantan bupati. Prinsipnya, partai tetap akan mendukung Jaelani. Harapannya, dia bisa membawa perubahan di Muna. Daerah ini termasuk kabupaten yang telah lama terbentuk tapi hampir tidak ada perubahan signifikan dari waktu ke waktu. Kemajuannya stagnan. Jaelani masih punya basis massa yang cukup besar pada pemilihan legislatif (Pileg) lalu. Mudah-mudahan pemilih kemarin belum lupa,” pungkasnya. (b/uli)

Kursi PKB pada Tujuh Daerah Pilkada :
Konsel 2
Konut 2
Konkep 3
Muna 4
Butur 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top