DP3AP2KB Sultra Tingkatkan Kapasitas Perlindungan Anak dan Perempuan – Kendari Pos
Metro Kendari

DP3AP2KB Sultra Tingkatkan Kapasitas Perlindungan Anak dan Perempuan

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sultra menggelar bimbingan teknis peningkatan kapasitas perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat. Diikuti 51 pegawai meliputi Bappeda, Inspektorat dan Dinas Pelindungan Perempuan dan Anak dari 17 kabupaten/kota di Sultra. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Penggerak Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender itu diharapkan membuat perencanaan dan penganggaran dengan mempertimbangkan aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki.

Kepala DP3AP2KB Sultra, Dra. Andi Tenri Rawe Silondae mengatakan peningkatan kualitas hidup perempuan dan peran perempuan di berbagai bidang kehidupan level pusat maupun daerah, menjadi salah satu sasaran pembangunan nasional. “Ada dua indikator penting yang digunakan sebagai alat evaluasi, untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan. Yaitu, indeks pembangunan gender (IPG) dan indeks pemberdayaan gender (IDG),” ujarnya.

Kepala DP3AP2KB Sultra, Dra. Andi Tenri Rawe Silondae (empat dari kiri) bersama peserta Bimtek peningkatan kapasitas perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat.

Secara umum, IPG Sultra dalam kurun waktu tahun 2013-2017 cenderung mengalami peningkatan. Itu karena adanya peningkatan beberapa indikator dalam komponen IPG yang meliputi kesehatan (angka harapan hidup), pendidikan, dan standar hidup layak perkapita). Katanya, IDG juga mengalami peningkatan dalam kurun waktu 2013–2017.

Meskipun demikian, capaian IPG dan IDG Sultra masih berada dibawah angka IPG dan IDG nasional. Dari data tersebut, terlihat masih terjadi kesenjangan gender dalam segala aspek. Dibutuhkan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam perencanaan dan penganggaran. “Komitmen OPD juga merupakan hal yang sangat penting, dan kunci utama dalam keberhasilan pelaksanaan PUG di daerah,” tandasnya. (hel/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy