Dosen Stikes MW Teliti Pengembangan Model Keterlibatan Masyarakat – Laman 2 – Kendari Pos
Edukasi

Dosen Stikes MW Teliti Pengembangan Model Keterlibatan Masyarakat

Kader Kesehatan menjadi perwujudan masyarakat sipil, sangat efektif melakukan pengawasan kepada pedagang makanan cepat saji. “Kader Kesehatan yang ada didaerah masing-masing selama sembilan tahun, sudah cukup efektif membantu proses pengawasan. Sebelum mereka di tetapkan sebagai kader kesehatan, mereka itu, sudah diberi banyak pelatihan-pelatihan baik di bidang kesehatan maupun dibidang yang lainya,” ujarnya.
Lanjut Tasnim, adanya Kader Kesehatan didaerah masing-masing dapat sangat mudah dilakukan. Pasalnya, pengawasan kader kesehatan dilakukan kepada pedagang makanan cepat saji yang berjarak kurang lebih 200 meter dati tempat tinggalnya. “Kader Kesehatan ini, hanya cukup berjalan kaki untuk melaksanakan tugasnya dalam melakukan pengawasan kepada pedagang makanan cepat saji. Sebab, setiap kader kesehatan hanya akan diberikan tanggung jawab mengawasi maksimal dua pedagang makanan cepat saji,” katanya.
Untuk itu, pihaknya menawarkan model keterlibatan masyarakat sipil dalam pengawasan makanan cepat saji yang perlu dilakukan diantaranya, identifikasi dan perekrutan masyarakat sipil, pelatihan kepada masyarakat sipil sebagai pengawas makanan, serta pendampingan dan monitoring dari Puskesmas kepada masyarakat sipil. “Ini merupakan langkah bagi kita, guna memberikan pengawasan kepada masyarakat terhadap peredaran makanan cepat saji yang tidak sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy