Dosen Stikes MW Teliti Pengembangan Model Keterlibatan Masyarakat – Kendari Pos
Edukasi

Dosen Stikes MW Teliti Pengembangan Model Keterlibatan Masyarakat

MASLINDAH/KENDARI POS
Suasana Destiminasi Pasca Doktor oleh Dr. PH. Tasnim, SKM, MPH (kanan) saat memaparkan materinya, Aula Stikes MW Kendari, Kamis (7/11).
Dosen

KENDARIPOS.CO.ID — Keamanan pangan masih menjadi isu kesehatan bagi masyarakat di Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya Kota Kendari. Tahun 2015 lalu untuk wilayah Kota Kendari, dari 119 penjual, ditemukan hanya 65,79 persen yang memenuhi syarat keamanan bahan pangan makanan. Sedangakan 20,21 persen dalam kategori tidak memenuhi syarat.
Hal ini tentu memberikan kontribusi besar terhadap kenaikan angka keracunan makanan, serta angka kejadian diare yang melanda masyarakat, bila dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Sultra. Hal ini diungkapakan oleh salah satu dosen Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Mandala Waluya (MW) Kota Kendari, Dr. PH. Tasnim, SKM, MPH., saat melakukan Destiminasi Penelitian Pasca Doktor yang berjudul “Pengembangan Model Keterlibatan Masyarakat Sipil dalam Pengawasan Makanan Cepat Saji (Comunity-Based-Food Control) dalam rangka meningkatakan Hygiene Sanitasi Makanan”, yang berlangsung di Aula Stikes MW Kendari, Kamis (7/11).
Dalam pemaparan materinya, Dosen yang juga bertindak sebagai Ketua Stikes MW Kendari, Dr. PH. Tasnim, SKM, MPH mengungkapkan, saat ini, jumlah tenaga kesehatan yang ada di Kota Kendari masih belum memadai, maka pihaknya mengaku, keterlibatan masyarakat sipil dalam pengawasan makanan cepat saji sangat diperlukan, guna membantu petugas kesehatan lingkungan di Puskesmas dalam mengendalikan penyakit yang ditimbulkan akibat makanan cepat saji yang tidak memenuhi syarat higiene dan sanitasi makanan. “Keterlibatan masyarakat sipil dalam pengawasan cepat saji, dalam hal ini Kader Kesehatan, sangat efektif melakukan pengawasan kepada pedagang cepat saji,” jelasnya di hadapan audiens.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top