Dinas Pertanian (Distan) Kolaka Utara (Kolut) rutin melakukan sekolah lapang kepada para penyuluh dan kelompok tani guna peningkatan produksi pertanian salah satunya jagung. Tampak petani tengah memanen jagung.

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam meningkatkan kompetensi para penyuluh dan kelompok tani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) intens melakukan pelatihan dan pembinaan. Di penghujung Desember 2019, mereka kembali akan diberi pembekalan melalui sekolah lapang. Upaya ini tak lain untuk mendongkrak produktivitas hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kolut, Samsu Ridjal mengatakan sekolah lapang ini bagian dari program pemerintah pusat guna menambah pengetahuan. Tidak hanya materi, mereka juga akan mengaplikasikannya di lapangan. Ada beberapa sasaran pengembangan semisal tanaman pekarangan, jagung, kakao dan cengkih. “Sudah sebanyak 14 kali sekolah lapang perkelompok di luar Kecamatan Tolala,” ucapnya kemarin.

Pengembangan tanaman pekarangan seperi sayur-mayur kata dia, sangatlah penting karena memberi nilai tambah untuk keperluan dapur. Begitu juga dengan pengembangan jagung dan tanaman sela. Saat ini, Pemda tetap fokus membudidayakan tanaman sela secara berkelanjutan.

Laman: 1 2