KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra menggelar workshop jurnalis sadar wisata, Senin (11/11) di Hotel Athaya. Kegiatan tersebut diikuti puluhan jurnalis dan pegiat wisata di Sultra. Kabid ESDM Dispar Provinsi Erwin Tahir mengatakan lembaganya menyadari media sebagai salah satu unsur penting pentahelix kepariwisataan. Karena itu, ia berharap jurnalis membantu perkembangan kepariwisataan Sultra. Terlibat dalam menjaga citra positif kepariwisataan untuk menarik wisatawan.

“Faktor yang menjadi masalah utama pariwisata indonesia adalah bencana alam. Tanpa unsur kesengajaan pemberitaan bencana alam yang disampaikan jurnalis itu berdampak negatif terhadap sektor pariwisata. Hal ini secara signifikan memengaruhi citra pariwisata serta minat kunjungan wisatawan,” bebernya.

Menurut dia, di era digital saat ini, informasi media memengaruhi persepsi wisatawan secara real time terhadap pariwisata. Karena itu, ia mengajak kalangan pers untuk mengimplementasi gerakan jurnalis ramah pariwisata. Selain sharing pengetahuan, jurnalis diharapkan berperan membangun percepatan kepariwisataan di Sultra. (rah/c)