KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, melalui tim penyuluh keselamatan transportasi jalan melakukan sosialisasi Sadar Lalulintas Usia Dini (SALUD) di TK KB Ananda Citraland Kendari (13/11). Kegiatan ini untuk mengkampanyekan gerakan budaya keselamatan transportasi jalan sejak usia dini.

Kegiatan ini akan digelar setiap pekan pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Sultra. Targetnya membangun budaya keselamatan transportasi jalan sejak usia dini. “Program ini dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan yang cukup tinggi di Indonesia, khsusnya Sultra. Budaya selamat berlalu lintas belum dipahami dan kurang diperhatikan, kebanyakan masyarakat menaati peraturan karena takut tilang, seharusnya kita taat lalulintas demi keselamatan,” terang Hariyati, Pelopor SALUD Sultra.

Sosialisasi SALUD di TK KB Ananda Citraland Kendari. Anak-anak cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Ia menambahkan, budaya selamat berlalu lintas harus ajarkan anak usia dini. Dengan begitu, saat dewasa mereka terbiasa untuk tertib berlalulintas. “Pemahaman terkait rambu-rambu lalulintas di jalan bukan hanya simbol semata, tapi mempunyai arti yang harus dan wajib ditaati sebagai pengguna jalan. Agar selamat dalam berlalulintas,” paparnya. (lis/b)